Helo Indonesia

Meninggal, Irwan Sukri Banuwa, Profesor yang Dicintai Civitas FP Unila

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 2 Juni 2024 07:44
    Bagikan  
MENINGGAL
Helo Lampung

MENINGGAL - Prof Irwan Sukri Banua

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Meninggal, Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M. Si. ? 63), akademisi yang lahir dan mendedikasilan diri di kampusnya sepanjang hayatnya. Guru besar yang tak berjarak dengan mahasiswa dan civitas akademikanya.

Alumni Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Faperta Unila) kelahiran Jakarta 20 Oktober 1961 ini meninggal dalam perawatannya di RSUD Abdul Moeloek, Kota Bandarlampung, Sabtu (1/6/2024), pukul 23.10 WIB.

undefined

Jabatan terakhir pakar konservasi tanah dan air ini di kampuanya, dekan Faperta Unila periode 2015–2019.

Doktor/S3 dan magister/S2 di ITB disemayamkan di rumah duka di Jl. Mentana No.41, Kedaton, Kota Bandarlampung. "Pemakaman rencana pukul 10.00 WIB," ujar Panani, alumni Faperta Unila.

Dia sempat bercerita tak menyangka bakal jadi profesor. Ketika SMA di Jakarta, dirinya mengaku bukan pelajar yang berprestasi malah suka bolos sekolah jika guru dan pelajaran yang tak disukainya dan nongkrong dengan kawan-kawannya di Terminal Lapangan Banteng.

undefined

Berkat dorongan orangtuanya, Irwan kuliah di Faperta Unila. Sejak itu, dirinya terus tenggelam dalam dunia pendidikan hingga meraih gelar profesor. Banyak sudah hasil penelitian ilmiah yang kemudian dipublikasikan lewat buku maupun jurnal nasional.

Namun, Sang Maha Penguasa berkehendak sang profesor sudah saatnya "istirahat". Semoga semua dedikasi dan karya ilmiahnya menjadi amal jariah dan dirinya ditempatkan di tempat yang mulia. Inna lillahi wa inna illaihi rojiun. Aamiin. (HBM)

undefined

Buku yang dipublikasikan diantaranya:

1. Selektivitas Erosi, Olah Tanah Konservasi, Erosi. 
2. Optimalisasi Lahan Usaha Tani Berbasis Kopi untuk Pembangunan Pertanian Lahan Kering berkelanjutan di DAS Sekampung Hulu,
3. Evaluasi Kemampuan Lahan DAS Sekampung Hulu,
4. Pengaruh Land Application Limbah Cair Pabrik Minyak Kelapa Sawit terhadap Ketersediaan Unsur Hara dalam Tanah dan Kandungannya pada Tanaman Sawit,

5. Pengaruh Land Application Limbah Cair Pabrik Minyak Kelapa Sawit terhadap Aktivitas Cacing Tanah, Pengaruh Media Tanam Sisor Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Petsai,
6. Pengaruh Pola Usahatani Berbasis Kopi dan Kemiringan Lereng terhadap Aliran Permukaan dan Erosi di DAS Sekampung Hulu,
7. Studi Kandungan Hara dan Bahan Pencemar Limbah Cair Pabrik Minyak Sawit untuk meningkatkan Kualitas Lahan Pertanian.
8. Dampak Land Application Limbah Cair PKS terhadap Kandungan Logam Berat Tanah dan Air Bawah Tanah.- dan masih banyak lagi.
9. Jabatan yang pernah diemban adalah Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Periode 2008-2012 dan Periode 2012-2016.

Namun, Sang Maha Penguasa berkehendak sang penggagas "pulang". Semoga gagasannya menjadi amal jariah dan dirinya ditempatkan di tempat yang mulia. Inna lillahi wa inna illaihi rojiun. Aamiin. (HBM)

 -