Helo Indonesia

Wabup Kendal: Momentum Menumbuhkan Sifat Kegotongroyongan di Kendal

Sabtu, 1 Juni 2024 21:30
    Bagikan  
Wabup Kendal: Momentum Menumbuhkan Sifat Kegotongroyongan di Kendal

BENDERA: Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki usai upacara memperingati Hari Lahir Pancasila menyerahkan bendera merah putih kepada perwakilan peserta upacara. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM -Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki berharap peringatan Hari Lahir Pancasila dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berkeperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal ini ditekankan Wakil Bupati Kendal usai menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Alun-alun Kabupaten Kendal, 1 Juni 2024, dengan tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

"Sehingga kenapa saya tadi saat memberikan sambutan dalam posisi siap, agar para peserta upacara dapat merenungi dan meresapi, bahwa ideologi Pancasila yang ditanamkan ini benar-benar merasuk dalam jiwa raga mereka," ujar Wabup Kendal.

Momentum

Dirinya berpesan, peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat menjadi momentum bagi masyarakat di Kabupaten Kendal untuk menumbuhkan sifat kegotongroyongan yang dilandasi dengan Pancasila."Sehingga kedepan manakala kita menyatu dengan ideologi Pancasila, Kendal ini akan tetap kompak dan bersatu," bebernya.

Sebelumnya, saat membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI Yudian Wahyudi mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar," tegas Windu Suko Basuki.

Lebih lanjut disampaikan, Pancasila merupakan penuntun yang membawa Indonesia kepada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini.

Global

"Perkembangan situasi global yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami dis-orientasi di masa depan," tandasnya.

Usai upacara Wakil Bupati Kendal menyerahkan bendera merah putih kepada para Veteran Pejuang hingga mantan Paskibraka Kendal. (Anik)