Helo Indonesia

SAR Selamatkan Dua Warga Magelang, Terjebak di Sumur Sedalam 14 Meter

Kamis, 30 Mei 2024 08:17
    Bagikan  
SAR Selamatkan Dua Warga Magelang, Terjebak di  Sumur Sedalam 14 Meter

Tim SAR gabungan saat melakukan evakuasi dua warga Bandongan yang terjebak di dalam sumur

MAGELANG, HELOINDONESIA.COM -  Unit Siaga SAR (USS) Borobudur beserta tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi dua orang dari dasar sumur di Bandongan, Kabupaten Magelang dalam keadaan selamat.

Kejadian terjebak di dalam sumur tersebut menimpa Sakdiyah (42) dan Budi Purwanto (48), warga Karangkulon, Bandongan yang juga merupakan kakak beradik pada Rabu malam pukul 19.20 WIB, 29 Mei 2024.

"Kami menerima informasi adanya dua orang yang berada di dalam sumur pada pukul 19.20 WIB dan langsung kami kirimkan satu tim untuk melakukan penyelamatan,'' ungkap Budiono, Kepala Kantor Basarnas Semarang, dalam keterangannya Kamis 30 Mei 2024.

Baca juga: Emil Dardak Wisudawan Terbaik USM, Diwisuda Bersama 521 Mahasiswa

Awalnya korban S menimba air di sumur yang berada di dalam rumahnya. Namun nahas ia terpeleset dan langsung tercebur ke dalam sumur karena ketinggian bibir sumur hanya 10 sentimeter. Sang Kakak, BP, yang kebetulan sedang main ke rumah adiknya tersebut kaget mendengar suara benda jatuh ke dalam sumur.

Saat ditengok ternyata sang adik sudah berada di dalam sumur. Berniat menolong, BP kemudian turun ke dalam sumur yang berkedalaman 14 meter itu dengan menggunakan seutas tambang. BP yang sudah berhasil turun ternyata tak mampu naik lagi ke atas karena kelelahan.
Minta Tolong
BP kemudian berteriak meminta tolong yang akhirnya kejadian tersebut diketahui oleh anggota keluarga lainnya yang kemudian meminta pertolongan ke tim SAR. Tim SAR yang tiba pukul 20.15 WIB langsung melakukan evakuasi.

Baca juga: Pemprov Jateng Dukung Upaya Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

Evakuasi berjalan cukup sulit karena area yang sempit mengingat letak sumur yang berada di dalam rumah. Akhirnya sekitar pukul 21.00 WIB keduanya berhasil diangkat dari dalam sumur dalam keadaan selamat.

"Keduanya tidak mengalami luka berarti namun tetap kami bawa ke RS Tidar Magelang untuk pemeriksaan lebih lanjut. Terimakasih tim SAR gabungan atas usahanya sehingga korban bisa segera terselamatkan,'' pungkas Budiono. (Aji)