bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tim PkM USM Beri Penyuluhan Pengolahan Kacang Merah di SMKN 1 Bawen

Rabu, 29 Mei 2024 22:04
    Bagikan  
Tim PkM USM Beri Penyuluhan Pengolahan Kacang Merah di SMKN 1 Bawen

PENYULUHAN: Siswa Siswi SMK Negeri 1 Bawen, Ungaran, Kabupaten Semarang, saat memperhatikan penyuluhan oleh TkM USM dari Fakultas Teknologi Pertanian. Foto: Dok

UNGARAN, HELOINDONESIA.COM -Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) dosen Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Semarang memberikan Penyuluhan tentang Penanganan Pascapanen dan Pengolahan Kacang Merah bagi Siswa Siswi SMK Negeri 1 Bawen, Ungaran, Kabupaten Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang didanai oleh Universitas Semarang. Kegiatan diikuti 70 siswa jurusan APHP.

Tim PkM USM diketuai Aldila Sagitaning Putri,SSi MSc dengan anggota Ir Dewi Larasati MSi dan Ir.Elly Yuniarti Sani MSi. Mereka dibantu tiga mahasiswi yaitu Anastasia Mariska Citra Natalia, Akmalia Mutia Rahma dan Putri Aprilia Sidabalok serta didampingi oleh Guru SMK Negri 1 Bawen Siti Wahyuningsih SPd.

Pengolahan

Menurut Aldila, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menambah pengetahuan tentang penanganan pascapanen kacang merah dan pengolahan kacang merah.

Dalam penyuluhan tersebut ada beberapa materi yang disampaikan di antaranya materi Penanganan pascapanen Kacang Merah yang disampaikan Dewi Larasati. Sedangkan materi pembuatan Es Potong Kacang Merah dibawakan Aldila Sagitaning Putri dan pembuatan Cookies Kacang Merah diberikan Elly Yuniarti Sani.

''Jurusan Agribisnis dan Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMK Negeri 1 Bawen Kabupaten Semarang ini mempunyai visi menghasilkan lulusan yang mandiri, profesional, dan berjiwa wirausaha dalam bidang agribisnis pertanian pengolahan hasil pertanian serta mampu bersaing di era global,'' ujarnya.

Selain itu, katanya, SMKN 1 Bawen juga memiliki keunggulan Icon yakni Agrika Bakery yang memproduksi aneka roti dan kue kering dan kompetensi: berwirausaha, bekerja, melanjutkan dan ke perguruan tinggi.

''Untuk mendukung tercapainya visi, icon dan kompetensi jurusan APHP maka dosen-dosen Fakultas Teknologi Pertanian USM memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan penanganan pascapanen dan pengolahan kacang merah,'' ungkapnya. (ADE)