Helo Indonesia

Penutupan Akses Menuju Bandara Syamsudin Noor Mulai 1 Juni 2024

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 29 Mei 2024 09:33
    Bagikan  
Akses Jalan Bandara
Syamsudin Noor

Akses Jalan Bandara - Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru Kalsel. (ist/heloindonesia)

BANJARBARU, HELOINDONESIA.COM - Mulai 1 Juni 2024, akses menuju pintu masuk Bandara Syamsudin Noor di Jalan Lingkar Utara akan ditutup. Penutupan ini terutama berdampak pada pengguna jalan dari arah Jalan Karang Anyar 1.

Penutupan tersebut dilakukan karena Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan memulai pembangunan jembatan di depan pertigaan Jalan Sapta Marga, Kelurahan Guntung Payung, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

Menurut Kepala Seksi Pembinaan Teknis Jalan dan Jembatan PUPR Kalsel, Dedi Hidayat, penutupan ini akan berlangsung dari 1 Juni hingga 20 Desember 2024. "Penutupan dimulai 1 Juni hingga 20 Desember 2024," jelas Dedi saat dikonfirmasi, Rabu (29/5/2024).

Dedi mengungkapkan, proyek pembangunan ini merupakan usulan dari Pemerintah Kota Banjarbaru untuk mengatasi masalah banjir yang sering melanda kawasan tersebut setiap musim penghujan. "Karena area ini berada di bawah kewenangan provinsi, maka pengerjaan akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi," ujarnya.

Berdasarkan pantauan lapangan, terdapat penyempitan atau bottleneck di bagian jembatan yang diduga menjadi salah satu penyebab banjir di sekitar kawasan Sapta Marga.

Pembangunan Jembatan Simpang 3 Lingkar Utara akan dimulai pada minggu pertama bulan Juni 2024. Jembatan ini akan dibangun dengan standar kelas B dan didanai oleh APBD Murni tahun 2024 sebesar Rp8 miliar. "Insya Allah selesai tepat waktu dan dapat digunakan kembali oleh warga pada awal 2025," tambah Dedi.

Selama masa penutupan, akan ada rekayasa lalu lintas di beberapa titik untuk mengalihkan arus. "Petugas akan berjaga di lokasi untuk membantu mengarahkan jalur lalu lintas," katanya.

Di sisi lain, Kabid Lalu Lintas Jalan di Dishub Kota Banjarbaru, Adi Royan Pratama, juga mengonfirmasi bahwa mulai 1 Juni 2024 akan ada penutupan dan pengalihan arus lalu lintas di ruas jalan tersebut.

Adi menjelaskan, arus lalu lintas dari Jalan Karang Anyar akan dialihkan mulai dari pertigaan Karang Anyar - Jalan Kebun Karet. Pengguna jalan yang menuju Bandara Syamsudin Noor melalui Jalan Karang Anyar akan dialihkan ke Jalan Kebun Karet. "Sedangkan arus dari Jalan Lingkar Utara menuju tengah kota akan dialihkan ke Jalan Bina Putra," jelasnya.

Adi berharap masyarakat mengikuti arahan petugas yang berjaga di setiap titik pengalihan arus tersebut. "Kedua titik pengalihan arus ini mengarah ke Jalan A Yani dan bersifat sementara hingga proses pembangunan jembatan selesai," tutup Adi.