Helo Indonesia

Tim PkM Dosen MM USM Beri Pelatihan Penyusunan Strategi Kemasan dan Merek

Selasa, 28 Mei 2024 14:05
    Bagikan  
Tim PkM Dosen MM USM Beri Pelatihan Penyusunan Strategi Kemasan dan Merek

PENYULUHAN: Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Penyusunan Strategi Kemasan dan Merek kepada pelaku UMKM di Kelurahan Plombokan, Semarang, baru-baru ini. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Penyusunan Strategi Kemasan dan Merek kepada pelaku UMKM di Kelurahan Plombokan, Semarang, baru-baru ini. Tim PkM USM terdiri atas Ketua Dr Indarto SE MSi, anggota, Dr Yuli Budiati SE MSi dan Dr Rohmini Indah Lestari ST MM.

Indarto mengatakan, UMKM di Keluruhan Plombokan, Kota Semarang kalah bersaing dibanding dari perusahaan besar. Meskipun produk yang dibuat memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk yang dibuat oleh pabrikan.

Kondisi yang ada di lapangan adalah, salah satu permasalahan penting yang dihadapi adalah pengemasan produk. Sebagian besar pengemasan produk yang dihasilkan pada UMKM masih sederhana.

Pengemasan

Banyak produk yang dihasilkan oleh UMKM di kelurahan Plombokan yang memiliki pengemasan yang masih sangat sederhana dan kurang menarik.  ''Kondisi ini akan berdampak pada keterbatasan jangkauan pasar bagi UMKM yang terbatas dan kesulitan bersaing di pasar,'' katanya.

Menurutnya, desain pengemasan produk yang unik akan membuat calon pembeli tertarik untuk melihat produk dan diharapakan akan membelinya.

Selain pengemasan produk, adanya persaingan bisnis mengakibatkan pengusaha harus memperbaiki strategi pemasaran untuk mendapatkan keunggulan bersaing dari berbagai kompetitor yang mungkin ada melalui penguatan merek (brand) dari bisnis tersebut.

''Jadi tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan, peningkatan wawasan, dan keterampilan dalam bentuk pelatihan pengemasan produk. Selain itu juga memberikan pendampingan pembuatan strategi merek pada pelaku Usaha Kecil dan Menengah,'' ujarnya.

Dia berharap, kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan manfaat bagi pengelola UMKM.  Selain itu juga memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan pengemasan maupun strategi merek.

''Bagi Universitas Semarang, kegiatan ini sebagai bentuk salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat, juga sebagai tambahan informasi bagi dosen berkaitan dengan pendampingan pembuatan pengemasan maupun strategi merek pada pengelola UMKM,'' ungkapnya. (ADE)