Helo Indonesia

Rotasi Jabatan, Kajari dan Pejabat Kejati Sumsel dapat Promosi Jabatan Baru

Kawar Dante - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 25 Mei 2024 19:59
    Bagikan  
Fer
Fer

Fer - Dirotasi Jaksa Agung, Sejumlah Kajari dan Pejabat Kejati Sumsel Dapat Promosi Jabatan Baru

HELOINDONESIA.COM - PALEMBANG - Sejumlah Kepala Kejaksaan Negeri di wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan mendapatkan promosi jabatan baru. Selain sejumlah Kajari, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumsel dan pejabat pejabat utama serta eselon 4 juga mendapatkan promosi jabatan dalam rotasi yang dilakukan oleh Jaksa Agung Prof Dr ST Burhanuddin SH MH.

Rotasi tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung RI Nomor 121 Tahun 2024, tanggal 21 Mei 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Struktural PNS Kejaksaan RI yang ditandatangani Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Kemudian, Keputusan Jaksa Agung RI Nomor: KEP-IV523/C/05/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Struktural PNS Kejaksaan RI yang ditandatangani atas nama Jaksa Agung RI, Jaksa Agung Muda Pembinaan, Dr Bambang Sugeng Rukmono.

Kasi Penkum Kejati Sumsel Vanny Yulia Eka Sari SH MH, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya sejumlah pejabat utama dan Kajari mendapatkan promosi jabatan. "Iya benar ada beberapa pejabat utama dan eselon 4 di Kejati Sumsel dan sejumlah Kajari mendapat promosi jabatan baru," kata Vanny saat dikonfirmasi.

Berdasarkan data yang diperoleh adapun nama-nama Kajari di wilayah hukum Kejati Sumsel yang dirotasi yaitu, Kajari PALI Agung Arifianto menjadi Kepala Bagian Protokol dan Pengamanan Pimpinan pada Biro Umum Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung. Kemudian jabatan Kajari PALI dipegang Farriman Isandi Siregar yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Tata Usaha pada Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Lalu Kajari Muara Enim Ahmad Nuril Alam menduduki posisi baru sebagai Kajari Probolinggo. Penggantinya adalah Rudi Iskandar yang sebelumnya menjabat sebagai Kajari Muko Muko.

Kajari Lubuklinggau, Dr Riyadi Bayu Kristianto menjabat Inspektur Muda Tindak Pidana Umum dan Perdata dan Tata Usaha Negara pada Inspektorat II Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung. 

Anita Asterida sebelumnya menjabat Kepala Bagian Tata Usaha pada Sekretariat Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejagung menjadi Kajari Lubuklinggau.

Kemudian Kajari Musi Banyuasin Romy Rozali bergeser menempati posisi baru sebagai Asisten Pembinaan pada Kejati Riau. Lalu posisinya digantikan Roy Riady yang sebelumnya menjabat Kajari Prabumulih. Untuk jabatan Kajari Prabumulih selanjutnya digantikan Khristiya Lutfiasandhi yang sebelumnya Koordinator pada Kejati Jawa Timur. 

Kajari Banyuasin Agus Widodo beralih tugas menjadi Asisten Pengawasan pada Kejati Lampung. Jabatan lamanya digantikan Raymund Hasdianto Sihotang yang sebelumnya menjabat Kajari Pesisir Selatan.

Selain itu, pejabat utama Kejati Sumsel yang turut dirotasi menempati posisi baru adalah, Asisten Tindak Pidana Khusus Abdullah Noer Deny menjadi Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejagung. Jabatan lamanya diganti oleh Umaryadi yang sebelumnya menjabat Kajari Cirebon.

Sedangkan Wakil Kajati Sumsel Herry Ahmad Pribadi mendapatkan promosi jabatan menjadi Kajati Maluku Utara. Penggantinya yakni,  Pipuk Firman Priyadi yang sebelumnya menjabat Wakil Kajati Sulawesi Tengah.

Untuk Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sumsel, Dr Noordien Kusumanegara menempati posisi baru sebagai Kajari Humbang Hasundutan. 

Posisi Noordien ditempati Eko Yuristianto yang sebelumnya sebagai Kepala Seksi Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara pada Asisten Bidang Tindak Pidana Umum Kejati DI Yogyakarta.

Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Sumsel, Dr Erry Pudyanto Marwantono menjadi Inspektur Muda Tindak Pidana Umum, Perdata dan Tata Usaha Negara pada Inspektorat I Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung. Pengganti Erry di posisi tersebut adalah Rachmad Vidianto yang sebelumya menjabat Kajari Kota Bandung. 

Kepala Seksi Perdata pada Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Sumsel, Erik Yudistira pindah tugas menjadi Koordinator pada Kejati Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Seksi Pertimbangan Hukum pada Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Sumsel, Chandra Kirana bergeser menjadi Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Bengkulu.  Kemudian Kepala Seksi Ekonomi dan Keuangan pada Asisten Bidang Intelijen Kejati Sumsel, Muhammad Faddly Hasibuan mendapatkan jabatan baru sebagai Koordinator pada Kejati Bali. (dmn)