bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tubaba Raih 2 Penghargaan dari Pemprov Lampung

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 11 Mei 2023 22:22
    Bagikan  
Saat menerima penghargaan (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)
Saat menerima penghargaan (Foto Rohman/Helo Indone

Saat menerima penghargaan (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung) - Saat menerima penghargaan (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Sejak awal kepemimpinan nya Penjabat (PJ) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Zaidirina, terus berkomitmen menurunkan angka prevalensi stunting di Daerah Kabupaten yang berjuluk Ragem Sai Mangi Wawai.

Terbukti, atas komitmen nya dari hasil penilaian kinerja pelaksanaan 8 aksi konvergensi penurunan stunting Kabupaten Tubaba Tahun 2022 tingkat Provinsi Lampung, menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Lampung, di Ballroom Swiss-Belhotel, Bandar Lampung, Kamis (11/05/2023).

Penghargaan Aksi Konvergensi Stunting Tahun 2023 yang diraih yaitu, penghargaan Kabupaten Ter-inovatif dan penghargaan Siger Stunting (Sinergitas Intervensi Gerakan Penurunan Stunting) Kategori Utama.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Lampung diwakili Kepala Bappeda Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T. dan diterima oleh Bappeda Tubaba Ir. Yudiansyah, S.P., M.Si. dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tubaba Nurmansyah, S.E., M.M.

Pj Bupati Dr. Zaidirina, S.E., M.Si., menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung, khususnya kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Tubaba.

Penilaian ini kata Pj Zaidirina, S.E., dalam rangka melihat atau mengukur sudah sejauh mana kinerja Pemerintah Daerah dalam melaksanakan 8 aksi konvergensi stunting yang telah diwajibkan oleh pemerintah pusat.

"Saya sangat apresiasi kepada semua pimpinan OPD, tim penggerak PKK, Camat hingga kepala Tiyuh (Desa). Karena aksi konvergensi benar benar dapat dilaksanakan OPD terkait dan terjadi kolaborasi yang baik," kata dia.

"Prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh stakeholder juga kolektivitas seluruh masyarakat. Dengan penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja penurunan stunting, sehingga target zero stunting di Tubaba dapat segera terwujud," tandasnya.

Berbagai program inovasi pendukung kinerja upaya penurunan stunting di Tubaba diantaranya adalah Program E-Penting Integrasi Smart Village, K3W, Mantra, Tubaba Berkurban, Baznas Peduli Stunting, Gaspol dan Ceria.

Dari 8 Aksi Konvergensi yang telah dilaksanakan ditambah dengan beberapa program inovasi yang dikembangkan, Pemkab Tubaba telah berhasil menurunkan angka prevalensi stunting dari 22,1 persen pada Tahun 2021 menjadi 16,4 persen pada Tahun 2022), atau berkurang 5,7 persen. (Rohman).