Helo Indonesia

Persempit Gerak Mafia Tanah, Kantah Tangsel Gencarkan Sosialisasi Sertipikat Elektronik, Siap Launching!

M. Haikal - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 21 Mei 2024 09:56
    Bagikan  
Sertipikat Elektronik
Foto: ist

Sertipikat Elektronik - Sertipikat elektronik diterbitkan melalui sistem elektronik berupa dokumen elektronik yang disahkan dan diamankan dengan menggunakan tanda tangan elektronik.

HELOINDONESIA.COM - Dalam rangka Lauching Sertipikat Elektronik, Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan melakukan Persiapan Jelang Peralihan Sertipikat Elektronik dengan Pelatihan Pegawai dan Sosialisasi kepada Masyarakat, PPAT, dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan, Shinta Purwitasari menjelaskan bahwa sertipikat elektronik diterbitkan dalam rangka pendaftaran pertama kali, pemeliharaan data pendaftaran tanah dan pencatatan perubahan data dan informasi. 

"Sertipikat elektronik diterbitkan melalui sistem elektronik berupa dokumen elektronik yang disahkan dan diamankan dengan menggunakan tanda tangan elektronik," jelasnya.

Shinta juga mengatakan bahwa sertipikat elektronik dapat disimpan melalui gawai atau dicetak menggunakan kertas serta dilengkapi QR Code yang dapat diakses melalui aplikasi Sentuh Tanahku.

Baca juga: Kode Redeem Game Free Fire (FF) Terbaru, Hari ini Selasa 21 Mei 2024 : Buruan Segera Klaim!

 "Jadi pastikan untuk masyarakat harus unggah aplikasinya dan aktifkan aplikasi sentuh tanahku,"ungkap Shinta.

Lanjut, Shinta mengatakan bahwa dengan sertipikat elektronik, diharapkan dapat meningkatkan efisien waktu, biaya dan pelayanan, serta menjamin perlindungan data pemilik sertipikat.

“Yang pasti dapat mempersempit ruang gerak mafia tanah dengan adanya digitalisasi dan layanan elektronik,” tegasnya.

Untuk itu, Shinta mengungkapkan dalam rangka persiapan sertipikat elektronik tidak hanya melakukan pelatihan kepada pegawai. Namun, melakukan sosialisasi kepada masyarakat, PPAT dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan secara masif.

Baca juga: Sambut Baik Investasi Elon Musk di Indonesia, Menteri AHY Pastikan Kesiapan Hak Atas Tanahnya

"Untuk sosialisasi di media sosial sudah berjalan, selanjutnya sosialisasi secara langsung kepada stakeholder terkait,''ujarnya.

Sebagai informasi. Sertipikat Elektronik untuk wilayah Tangerang Raya akan segera launching pada akhir Bulan Mei mendatang.