Helo Indonesia

Tim Dosen FE USM Beri Penyuluhan Wirausaha ke Pelaku UKM di Kelurahan Krobokan

Selasa, 21 Mei 2024 08:06
    Bagikan  
Tim Dosen FE USM Beri Penyuluhan Wirausaha ke Pelaku UKM di Kelurahan Krobokan

Tim pengabdian masyarakat FE USM saat berpose dengan masyarakat di Kelurahan Krobokan Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM) dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (FE USM) memberikan Penyuluhan tentang Peningkatan Semangat Berwirausaha pada Paguyuban UKM di Kelurahan Krobokan, Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi yang didanai oleh Universitas Semarang. Adapun pelaksanakannya pada tanggal 14 Mei 2024 yang berlokasi di bank sampah Resik Becik yang terletak di jalan Cokrokembang Semarang Barat.

Tim PkM terdiri atas Ketua Totok Wibisono SE MM, anggota Tri Endang Yani SE MSi dan Anantya Roestanto SE MM.

Baca juga: Single Bertajuk Istimewa Tandai Debut Gemilang Angginaprita

Totok mengatakan, tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan dan memotivasi pelaku UKM untuk lebih bersemangat dalam menjalankan usaha.

Seperrti diketahui, pandemi Covid-19 telah menyebabkan dampak negatif bagi perkembangan UMK yang masih dirasakan sampai saat ini.

''Saya kira sangat perlu dilakukan upaya-upaya untuk membangkitkan kembali semangat pelaku usaha dalam berwirausaha,'' tandas Totok.

Keberhasilan

Menurutnya, pihaknya memberikan materi mengenai nilai-nilai yang diperlukan untuk keberhasilan dalam berwirausaha.

Nilai-nilai tersebut antara lain percaya diri, keberanian mengambil risiko, berorientasi pada tugas dan hasil, kepemimpinan, berorientasi pada masa depan, orisinalitas, dan jujur serta tekun.

Baca juga: Aktor Byeon Woo Seok Bakal Gelar Fan Meeting di Jakarta, Berikut Harga Tiketnya

Sementara itu Ika Yudha Kurniasari selaku pendamping UKM mengatakan, pihaknya berterima kasih dengan adanya kegiatan ini. Dia berharap, kegiatan ini dapat memotivasi para pelaku UKM untuk lebih bersemangat lagi dalam menjalankan usaha.

''Kami sangat berterima kasih kepada Tim PkM dari Universitas Semarang yang telah memberikan motivasi kepada pelaku UKM. Hal ini bisa menambah semangat bagi seluruh anggota paguyuban UKM dalam menjalankan usahan,'' ungkap Ika. (Aji)