bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Berikut Tips Mencegah Ular Masuk ke Rumah, Menggunakan Garam??

Rabu, 15 Mei 2024 08:14
    Bagikan  
Berikut Tips Mencegah Ular Masuk ke Rumah, Menggunakan Garam??
Ilustrasi/Kompas.com

HELOINDONESIA.COM - Bocah berusia 3,5 tahun bernama Khansa Tsurayyaa Amany tewas digigit ular berbisa jenis welang. Khansa sempat dirawat di RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi, namun nyawanya tidak tertolong.

Dari peristiwa tersebut, masyarakat harus belajar cara mencegah ular masuk ke dalam rumah. Apalagi kalau rumah kalian berdekatan dengan aliran sungai, pesawahan, perkebunan atau area-area yang biasa menjadi tempat persembunyian ular.

Animal Rescue Damkar Kota Sukabumi, Edi mengatakan, ular jenis weling atau bercorak hitam putih biasanya aktif di malam hari. Ular ini memiliki bisa yang mematikan selayaknya ular kobra.
"Ketika tubuh diinject (tergigit) ular gejalanya akan merasakan nyeri di bagian tubuh yang tergigit, sakit panas, haus, panas di bagian dada pusing hingga mual," kata Edi dilansir dari detikJabar, Senin (13/5/2024).


Benarkah penaburan garam di sekeliling rumah bisa mengusir ular??


Sayangnya pernyataan itu keliru. Menurut Edi, penggunaan garam untuk ular adalah mitos.

Dia menyarankan agar warga menggunakan kamper atau wewangian di sudut-sudut rumah. Kemudian untuk bagian luar rumah bisa ditanami pohon sirih atau menggunakan kapur berbau belerang.


Selain menggunakan wewangian, cara untuk mencegah ular masuk rumah bisa dengan menutup lubang plafon, saluran air, genteng, dinding atau bagian lainnya.


Dan jika halaman anda kotor dan dipenuhi oleh rumput segera bersihkan.


"Jadi jangan dianggap sepele, kamper dan wangi-wangian itu sebenarnya wajib ditaruh di kamar mandi, di gudang, belakang lemari kalau nggak di bawah kasur. Soalnya kalau ular itu takutnya sama wangi-wangian, kalau garam itu mitos, garam itu hanya untuk binatang berlendir," ujarnya.

"Di luar ruangan kita pakai bekas las karbit kan itu bau belerang, bubuknya yang putih kaya apu, itu kan bau belerang jadi dia nggak bakal lewat ke situ. Atau bisa juga dengan cara menanam pohon sirih. Biasanya ular nggak suka dengan bau tanaman itu," sambung Edi.