bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Terjadi Gempa Bumi Berkekuatan M3,3 di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat 

Kamis, 9 Mei 2024 21:46
    Bagikan  
Gempa Bumi,
Ist

Gempa Bumi, - Suka Bumi Jawa Barat Diguncang Gempa Bumi M 3,3.

HELOINDONESIA.COM - Terjadi Gempa Bumi berkekuatan M 3,3 di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Pada hari Kamis, 09 Mei 2024 pukul 14:14:18 WIB.

Informasi itu disampaikan secara tertulis oleh Daryono selaku Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,3. Episenter terletak pada koordinat 6.79 LS dan 106.64 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 24 km Timur Laut Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 6 km," kata Daryono.


Lanjut Daryono, hal itu jenis gempa bumi dangkal.
 
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat aktivitas sesar aktif wilayah setempat," terangnya.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan juga di wilayah Bogor Barat, Sukabumi, Cibadak, Cicurug, Kabandungan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," katanya.


"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," ujarnya lagi.

Daryono kembali menjelaskan, hingga pukul 14:34 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. 


Tags