bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Mahasiswa Ilkom USM Sukses Gelar Pelatihan Presenter di SMKN 1 Semarang

Selasa, 23 April 2024 20:47
    Bagikan  
Mahasiswa Ilkom USM Sukses Gelar Pelatihan Presenter di SMKN 1 Semarang

Mahasiswa Ilkom USM berpose dengan siswa SMKN 1 Semarang di sela pelatihan presenter

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) sukses menggelar Pelatihan Presenter di SMK Negeri 1 Semarang pada Selasa 23 April 2024.

Kegiatan diikuti 33 siswa jurusan Broadcasting dan Film.

Kegiatan menghadirkan narasumber Nazahra Septia, Ridho Azam, Aliffiya Indri, dan Angga Nailul.

Ketua Panitia, Bintang Yunka mengatakan, tujuan kegiatan adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang presenter.

Baca juga: Gelar Rapat Paripurna, DPRD Kendal Berikan Rekomendasi LKPJ Kepala Daerah

Kegiatan diawali dengan pre-test guna mengevaluasi pemahaman peserta sebelum diberikan materi.

''Peserta pelatihan merasa sangat antusias dan terbantu dengan setiap sesi yang diberikan oleh para mahasiswa USM. Mereka mengaku mendapat banyak inspirasi untuk meningkatkan kemampuan mereka sebagai presenter,'' ujarnya.

Menurut guru SMKN 1 Semarang, Eko Nuraini mengatakan, kegiatan tidak hanya memberikan manfaat kepada peserta, tetapi juga mendapat apresiasi yang tinggi dari pihak sekolah.

Baca juga: Wali Kota Semarang Lulus Doktoral di Undip, Predikat Summa Cumlaude

''Semoga ke depan akan ada lebih banyak kerja sama antara universitas dan sekolah dalam pelatihan dan pengembangan keterampilan mahasiswa, sehingga menciptakan generasi penerus yang lebih kompeten dalam berkomunikasi dan menjadi presenter yang sukses,'' ujar Eko.

Punya Skill

Sementara itu, dalam materinya, Nazahra mengatakan, presenter itu harus memiliki persiapan skill dan public speaking yang baik. Selain itu juga menguasai teknik vokal, kontak mata, gesture/posisi tangan, ekspresi wajah yang rileks, bersahabat, dan ramah.

''Presenter TV harus berpenampilan menarik dan suara yang enak didengar,'' katanya.

Baca juga: 20+ Quotes Drakor Queen of Tears Menyentuh Hati, untuk Caption di Medsos

Menurutnya, suara sangat berperan penting dalam penampilan presenter televisi. Suara yang enak didengar akan mempermudah penonton menerima informasi yang disampaikan. Semua orang memiliki suara, tetapi tidak semua orang memiliki suara yang enak didengarkan.

''Untuk itu perlu juga bagi seorang presenter untuk berlatih mengolah suara. Presenter televisi harus memiliki kepribadian yang baik. Dia akan menjadi public figur dan akan menjadi pusat perhatian,'' ungkapnya. (Aji)