bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pandangan Langsung Helo Indonesia Kebakaran Feri di Perairan Merak

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 6 Mei 2023 18:45
    Bagikan  
Para petugas hilir mudik membawa para penumpang sesampainya di Pelabuhan Merak
Para petugas hilir mudik membawa para penumpang se

Para petugas hilir mudik membawa para penumpang sesampainya di Pelabuhan Merak - (Foto Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Media ini langsung memantau upaya evakuasi para korban kapal terbakar di Pelabuhan Merak, Provinsi Banten, Sabtu (6/5/2023), pukul 05.00 hingga berita ini diupdate pukul 18.21 WIB.

Hasilnya, para petugas mengevakuasi puluhan penumpang pakai tandu dan digendong di Pelabuhan Merak. Informasi dari petugas, para penumpang kapal tersebut sebagian mengalami patah tulang karena terjun ke laut.

Informasinya juga, sekoci kapal tak berfungsi sehingga para penumpang makin panik dan mengalami luka-luka. Suara sirine mobil petugas keluar masuk dermaga mengevakuasi penumpang yang telah sampai di dermaga. Para petugas juga ada yang sampai menggendong penumpang yang tua dan anak-anak serta luka-luka. Ada juga penumpang yang terlihat bingung.

undefined

Menurut petugas, para penumpang panik dan awak kapal panik karena besi badan dan lantai kapal semakin panas akibat kobaran api dari truk terbakar yang merembet ke mobil-mobil lainnya. "Sepertinya semua mobil habis terbakar di lantai bawah," kata seorang petugas kepada "Helo Indonesia Lampung".

Semua rute kapal berhenti berlayar dari semua dermaga. Kapal-kapal feri berusaha mendekati kapal untuk menyelamatkan para penumpang. Merela terlihat hilir-mudik mengevakuasi penumpang ke dermaga masing-masing.

Informasinya juga, sekoci kapal tak berfungsi. Para petugas juga terlihat sibuk hilir mudik menggendong penumpang yang tua dan anak-anak serta luka-luka.

Kapal feri KMP Royce 1 milik PT DLB yang membawa penumpang terbakar di Laut Merak, Banten. Api yang membakar kapal feri tersebut sudah dipadamkan, kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin.

Kapal feri tersebut rencananya akan disandarkan kembali ke Pelabuhan Merak. Proses evakuasi penumpang kapal terus dilakukan. Para penumpang dievakuasi ke Pelabuhan Merak.

"Dilaporkan sebelum melintasi Pulau Tempurung Merak, kapal mengalami kebakaran. Namun saat ini api telah dapat dipadamkan. Rencananya KMP Royce 1 akan disandarkan dan dievakuasi di Merak," katanya.

Jumlah penumpang dan kendaraan di dalam kapal belum dipastikan. Tim SAR gabungan saat ini fokus mengevakuasi penumpang dari kapal tersebut.

"Tim BPTD, ASDP, Basarnas dan instansi terkait telah berkoordinasi untuk segera mengondisikan kapal sandar di Merak dan dapat segera melakukan evakuasi kepada seluruh pengguna jasa. Untuk selanjutnya, informasi dapat diakses melalui pihak Basarnas dan BPTD," ujarnya. (HBM)