bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

UCAC Gelar Pembekalan Wisuda ke-65 USM, Junaidi: Alumni Jangan Hanya Jadi Jobseeker

Helo Jateng - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 6 Mei 2023 16:49
    Bagikan  
UCAC Gelar Pembekalan Wisuda ke-65 USM, Junaidi: Alumni Jangan Hanya Jadi Jobseeker

Ketua UCAC Iryan Dwi Handayani disaksikan Wakil Rektor III USM, Muhammad Junaidi menyerahkan kartu alumni kepada calon wisudawan

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Universitas Semarang Career and Alumni Center (UCAC) menyelengggarakan Pembekalan Wisuda ke-65 USM dengan tema “life after campus: Enhance Your Skills Now” secara hybrid (daring dan luring) di Auditoroium Prof Muladi Gedung Menara USM, pada Sabtu 6 Mei 2023.


Kegiatan yang dibuka Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH itu diikuti 1.173 calon wisudawan bertema “Life after campus: Enhance Your Skills Now”.

“Saya berharap para alumni dapat terus berinovasi yaitu tidak hanya menjadi jobseeker atau pencari kerja saja, namun juga menciptakan lapangan pekerjaan,” ungkap Junaidi.

Dia mengatakan, selain pembekalan wisuda juga diserahkan kartu alumni ke calon wisudawan. Kartu alumni memiliki banyak manfaat.

“Ada beberapa fasilitas kartu alumni, di antaranya potongan pembelian merchandise EDC sampai dengan 10 persen, diskon biaya layanan konseling di JLP USM, biaya khusus untuk layanan test di BBJ, Free akses jurnal dll di perpustakaan USM, diskon 10% kantin 19 Pawon Cik Eni, Disc 10% studi lanjut pascasarjana untuk alumni, dan diskon 10% di kafe Arah Awan dengan minimal pembelian 250.000 bagi alumni USM,” kata Junaidi.

Kegiatan tersebut menghadikan tiga narasumber yaitu Wakil Ketua Umum Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (Kadin Jateng), Titi Agustina SE Cmt CPHRM yang menyampaikan materi ''Trik Memasuki Dunia Kerja''.


Selanjutnya Ketua IKA USM yang juga sebagai KepaLa Divisi Gudang PT Adhi Karya Yaitu Ir Yan Arianto ST MT yang menyampaikan materi “The First Step Is Always The Hardnest''. Narsumber ketiga adalah psikolog bidang industri dan organisasi, Siska Marga Rene SPsi MPsi Psikolog dengan materi ''Keterampilan Komunikasi dalam Menghadapi Dunia Kerja''.


Softskill adalah keterampilan nonteknis yang terbentuk secara alami pada diri seseorang. Some of the soft skills that are important for millennials, include: work ethic, communication skills, interpersonal skills, time management, problem solving, adaptability and humility,”ujar Siska.


Selain materi yang diberikan oleh narasumber, kegiatan ini juga menjelaskan tentang tracer study, yaitu survei pelacakan alumni yang berisi data terkait data diri, pekerjaan saat ini, serta softskill yang dimiliki. (Aji)