Helo Indonesia

Event Bertaraf Nasional Digelar di Kabupaten Tubaba

Sabtu, 20 April 2024 15:03
    Bagikan  
Event Bertaraf Nasional Digelar di Kabupaten Tubaba

Lokasi tempat pameran bonsai (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --Event bertaraf nasional di gelar di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung.

Event tersebut merupakan pameran dan kontes bonsai nasional dengan mengusung tema "Cangget Bonsai Tubaba". Sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tubaba yang ke 15 tahun

Saat dikonfirmasi Helo Indonesia Lampung Sabtu (20/04/2024), Ketua Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Tubaba, Rizal Irawan, mengatakan bahwa hari ini kita masih tahap pendaftaran.

"Hari ini kita masih melakukan pendaftaran yang dibuka pada tanggal 20 hingga 22 kemudian pada tanggal 23 sampai 25 dilakukan penjurian dan tanggal 26 sampai 29 April 2024 dibuka untuk umum," paparnya.

Selain itu, Rizal menjelaskan bahwa adapun prosedur pendaftaran setiap orang bisa ikut dengan cara datang langsung ke lokasi kegiatan dengan membawa bonsainya. Untuk uang pendaftaran mulai dari Rp. 100 ribu sampai Rp. 250 ribu sesuai kelas.

"Pameran bonsai ini ada 4 kelas yakni kelas Prospek, Pratama, Madya dan Utama berdasarkan sertifikat terutama madya dan utama.

Kemudian, Dewan juri nya ada 6 orang dari PPBI Pusat. Adapun Kriteria penilaian nantinya mulai dari gerak dasar, keselarasan, kematangan dan penampilan, jadi ada kolom-kolom nya.

Dalam event ini, nantinya diambil 10 peserta terbaik setiap kelas, kemudian akan mendapatkan Sertifikat penghargaan, piala atau plakat. "Dari 10 terbaik diambil lagi yang terbaik dan akan diberikan penghargaan Best In Class dan Best In Show," jelasnya.

"Dalam event ini ada juga UMKM ekonomi kreatif penggiat bonsai yang berpartisipasi, sehingga bagi masyarakat yang ingin mencari bahan-bahan bonsai bisa membeli disini," terangnya.

"Saya berharap dengan digelarnya pameran ini dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bonsai, dan bisa menjalin silaturahmi antar penggiat bonsai. Selain itu, diharapkan dapat juga menjadi industri kreatif untuk meningkatkan taraf ekonomi para penggiat bonsai dan masyarakat umumnya,"harapannya.

Sementara itu, satu diantaranya peserta sekaligus pelaku UMKM ekonomi kreatif bonsai, yang berasal dari kota Bandar Lampung, Dodi mengungkapkan dengan ada nya pameran bonsai ini bisa mempererat tali silaturahmi dan memperbanyak brelasi antar penggemar bonsai.

"Selain itu, dengan adanya acara ini bisa menambah harga jual bonsai yang saya miliki,"Imbuhnya (Rohman).