bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Spektakuler! Geopark Meratus Great Culture Carnival: Pembuatan Sasirangan Terpanjang dan 8 Ribu Orang Berbusana Sasirangan untuk Pecahkan Rekor MURI!

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 20 April 2024 10:43
    Bagikan  
Hanifah Dwi Nirwana
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel

Hanifah Dwi Nirwana - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel Hanifah Dwi Nirwana

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV 2024 di Kalimantan Selatan (Kalsel), 19-26 Agustus mendatang. Dipastikan makin semarak, karena akan dimeriahkan dengan aksi pembuatan kain sasirangan terpanjang di dunia dan 8 ribu orang memakai baju sasirangan.“Memeriahkan even Porwanas yang mengusung tema Geopark Meratus selaras dengan kampanye Pemprov Kalsel untuk mengenalkan keunikan alam dan budaya. Disajikan pembuatan kain sasirangan terpanjang dan 8 ribu orang memakai baju sasirangan dengan motif masing-masing daerah di Kalsel, untuk pemecahan Rekor MURI,” kata Ketua BP Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana, Sabtu (20/4/2024).

Hanifah yang juga Kepala DLH Kalsel ini menjelaskan, rencananya kain itu dibikin sepanjang 8 kilometer dengan motif dari masing-masing daerah di Kalsel di even Porwanas yang dimeriahkan even Geopark Meratus Great Culture Carnival untuk  mempromosikan kekayaan budaya dan alam Kalimantan Selatan dengan tema "Ungkapkan dengan Sasirangan", kain khas daerah Kalsel.

“Kegiatan carnival di even Porwanas juga dimeriahkan dengan memakai busana bahan sasirangan terbanyak secara serentak yang melibatkan seluruh komponen masyarakat Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Parade Carnaval Sasirangan yang melibatkan kontributor dari berbagai kalangan akan dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan Jalan Trikora Kota Banjarbaru, mengitari jalan lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel dengan menggunakan Adi Busana Sasirangan.

Parade Carnaval Sasirangan bakal meriah karena panitia menghadirkan 8 ribu peserta untuk memakai baju sasirangan secara serentak. Peserta berasal dari 40 SKPD Provinsi Kalsel masing-masing mengirim 50 orang akan terkumpul 2 orang, KPD di Kota Banjarbaru 500 orang, SKPD Kota Banjarmasin 500 orang, SKPD Kabupaten Banjar 500 orang, SKPD 10 kabupaten/kota 1.000 orang, Perusahaan/perbankan/swasta 250 orang, UMKM 250 orang, perwakilan santri 1.000 orang, siswa SMA/SMK sederajat 1.000 orang dan mahasiswa 1.000 orang.