Helo Indonesia

Pesisir Pesawaran Sasaran Lebaran H+4, Dendi Pastikan Lancar

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 14 April 2024 15:41
    Bagikan  
LEBARAN
Helo Lampung

LEBARAN - Bupati Dendi Ramadhona naik sepeda motor pastikan lalu lintas lancar (Foto Rama/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - H+4 Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 H, masyarakat tumplek di kawasan wisata pulau dan pesisir Kabupaten Pesawaran, Sabtu (13/4/2024). Kendaraan padat menuju destinasi wisata.

Menurut Bupati Dendi Ramadhona, arus lalu lintas mulai ramai menuju lokasi wisata semakin meningkat sejak H+3. "Kemarin, ada peningkatan, tapi hari ini semakin ramai lagi arus lalu lintas," katanya.

Dia bersama jajarannya memantau kondisi arus lalu lintas mengendarai kendaraan roda dua NMAX untuk memastikan keamanan, keselamatan pemudik dan wisatawan di wilayah setempat.

"Iya, dari pantauan tadi arus lalu lintas . Tadi, kita lihat memang masih ada dari beberapa wilayah yang melintasi jalur wisata ini, yaitu kendaraan-kendaraan besar (truk)," kata Dendi di Dermaga dan Pospam Ketapang, Desa Batumenyan, Kecamatan Teluk Pandan.

Dikatakannya, mungkin kurangnya pemahaman dan informasi didapat bahwa kendaraan besar (truk) nonsembako itu memang ada jangka waktunya untuk kendaraan berat tidak melintasi pada jalur mudik dan jalur wisata.

"Sejak kemarin-kemarin, saya sudah menginstruksikan kepada semua jajaran untuk memberikan pemahaman dengan memberikan waktu agar memutar kembali mobil mereka, seperti saya lihat tadi ada alat berat dan material-material nonsembako yang diangkut oleh kendaraan besar itu," ujarnya.

Menurutnya, dari kunjungan wisatawan itu juga sempat diberikan pemahaman informasi bahwa banyak yang berwisata menggunakan kendaraan bak terbuka (pikap) saat membawa wisatawan.

"Karena itu, kami himbau untuk tidak menggunakan kendaraan bak terbuka, karena penting keselamatan dan kenyamanan bagi wisatawan itu sendiri," kata dia Bupati usai berkoordinasi dengan Kapolres Pesawaran, setiba di Pospam Mutun Dalam, Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan itu.

Tak hanya itu, jelas Dendi, pengamanan transportasi laut dan air disini juga telah dilakukan sidak untuk wisatawan yang menggunakan transportasi laut dan air agar selalu menggunakan lift jacket yang akan berwisata kepulauan.

" Itu yang kami himbau kepada wisatawan, kemudian kepada nahkoda kapal dan ABK untuk wajib menyediakan selain lift jacket, dan pelampung, termasuk lift buouy, utamakan keselamatan, tidak memuat penumpang melebihi kapasitas kapal, serta perhatikan faktor cuaca," pungkasnya.

Pantauan di lapangan, arus kendaraan cukup ramai di jalur wisata pesisir Pesawaran dari kendaraan roda empat dan roda dua, hampir rata-rata didominasi wisatawan yang datang dari Palembang, Jambi, Bengkulu, Jakarta, Bogor, Banten, Semarang, Surabaya dan Bandung berwisata ke Pulau Pahawang.

Dan sebagian memadati destinasi wisata Pantai Ketapang Bahari, Klara, Bensam, dan Kawasan Pantai Mutun, maupun Pulau Tegal Mas serta Pulau Tangkil, sebelumnya, terlihat rombongan Makamah Agung RI juga memadati jalur wisata Pulau Pahawang dengan menggunakan armada bus Makamah Agung RI kemarin Jumat (12/4/2024). (Rama)