Helo Indonesia

Tim PkM Mahasiswa Ilkom USM Melatih Fotografi Jurnalistik di SMA Instindo Semarang

Minggu, 7 April 2024 07:58
    Bagikan  
Tim PkM Mahasiswa Ilkom USM Melatih Fotografi Jurnalistik di SMA Instindo Semarang

Tim PkM Mahasiswa Ilkom USM berpose bersama siswa SMA Instindo Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Jurnalistik Digital dengan tema ''Pelatihan Photography Jurnalism'' di SMA Institut Indonesia Semarang pada Selasa 2 April 2024.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Khresna Shafeirza, anggota Elsa Ananda, Adinda Martha, Talitha Agnes, Irfadella, Virgina Aulia, Devina Candra, Izhaturachman, Nadia Kamila, Rafly Azril, dan Putri Melinda.

Baca juga: Pastikan Mudik Lebaran 2024 Aman Lancar, Kapolda Jateng lakukan Pantauan Udara

Kegiatan yang diadakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Pembangunan itu diikuti 20 siswa SMA Institut Indonesia kelas XI.

Kegiatan menghadirkan narasumber Ahmad Hasan.

Ketua PkM USM, Khresna Shafeirza mengatakan, pelatihan tersebut untuk memberikan edukasi tentang jurnalistik dalam fotografi. Selain itu juga melatih kreativitas para siswa untuk dalam membuat karya fotografi.

''Kami berharap, kegiatan ini dapat membuat teman-teman di SMA Institut Indonesia ini paham akan photography jurnalism,'' katanya.

Baca juga: Instagram Sapambakita Siap Terima Aduan, Puluhan Ribu Pemudik Masuk Kota Semarang

Selama kegiatan tersebut, katanya, para peserta diberikan materi terkait photography jurnalism, antara lain tentang jurnalistik, dasar-dasar fotografi jurnalistik, cara penggunaan media handphone atau kamera dengan benar.

''Diawal kegiatan dan akhir, para peserta juga diberikan pre-test dan post-test,'' ujarnya.

Narasumber Hasan berharap,kegiatan tersebut dapat membuat para siswa SMA Institut Indonesia tertarik dalam dunia jurnalistik fotografi.

Baca juga: Rob Genangi Jalur Pantura Demak, Arus Lalulintas dari Semarang Dialihkan ke Genuk

''Bagi yang sudah suka dengan fotografi, bisa diasah lagi skill-nya. Diperbanyak praktiknya biar bisa jadi fotografer yang bagus,'' ungkapya. (Aji)