Helo Indonesia

Sulitnya Mencari Sarana Mudik Laut Jelang Idul Fitri

Nicko Fariski - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 6 April 2024 14:19
    Bagikan  
Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik yang menggunakan angkutan laut dipredi
IST/anw

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik yang menggunakan angkutan laut dipredi - Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik yang menggunakan angkutan laut diprediksi mencapai 1,1 juta orang pada tahun 2024.

Banjarmasin, HELOINDONESIA.COM - Angga, warga Banjarmasin yang ingin mudik ke Surabaya, Jawa Timur, merasakan kesulitan mencari sarana mudik laut. Tiket kapal laut untuk kelas bisnis yang biasanya menjadi pilihannya, sudah habis terjual sejak awal bulan Ramadan.

"Sejak pertengahan bulan puasa, tiket kapal sudah habis. Untungnya kelas ekonomi kemungkinan masih ada, tapi jelang Idul Fitri rata-rata sudah habis," kata Angga.

Kesulitan Angga dalam mencari tiket kapal laut bukan tanpa alasan. Mudik tahun ini diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang, setelah dua tahun sebelumnya dibatasi akibat pandemi Covid-19.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, Fitri Hernadi, Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik yang menggunakan angkutan laut diprediksi mencapai 1,1 juta orang pada tahun 2024. Angka ini meningkat 44% dibandingkan tahun 2023.

Peningkatan pemudik laut ini menyebabkan tingginya permintaan tiket kapal. Ditambah lagi, beberapa operator kapal laut mengurangi jumlah armadanya karena faktor ekonomi.

Akibatnya, banyak pemudik yang kesulitan mendapatkan tiket kapal laut, terutama untuk kelas ekonomi yang harganya lebih terjangkau.

Saran bagi Pemudik Laut, Sebaiknya pesan tiket kapal laut jauh-jauh hari, bahkan sebelum bulan Ramadan. Gunakan agen perjalanan karena agen perjalanan dapat membantu mencarikan tiket kapal laut yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Jika tidak mendapatkan tiket kapal laut, pertimbangkan alternatif mudik lainnya seperti menggunakan pesawat terbang atau kereta api.

Selain itu Pemerintah perlu turun tangan untuk mengatasi kesulitan pemudik laut dalam mendapatkan tiket. Seperti menambah armada kapal laut hingga memberikan subsidi tiket kepada pemudik dengan ekonomi menengah ke bawah.

Editor: Nicko
Author: Ahmad Yani