Helo Indonesia

Puting Beliung Rusak Atap Puluhan Rumah di Lampung Timur.

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 5 April 2024 21:54
    Bagikan  
PUTING BELIUNG
Helo Lampung

PUTING BELIUNG - Salah satu rumah yang atapnya porak-poranda (Foto.Khairuddin/Helo)

LAMPUNG. HELO.INDONESIA.COM.--- Puluhan rumah warga di Desa Toto Mulyo Kecamatan Waibungur Lampung Timur porak poranda dihantam puting beliung Jumat (5/4/2924) pukul 18.30. Beruntung, tak ada korban jiwa pada musibah itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Timur Thabrani Hasym mengatakan, bencana alam puting beliung disertai hujan petir terjadi sekitar pukul 18.30. Mendapat kabar itu, tim BPBD langsung bergerak menuju lokasi bencana.

undefined

Di sana, tim bersama pihak kecamatan dan pamong desa mengevakuasi warga yang rumahnya terdampak. "Sampai saat ini pukul 21.15 tim BPBD masih berada di lokasi dan mendata rumah warga yang terdampak,"kata Thabrani lewat saluran telepon.

Selain mengevakuasi warga ke tempat aman, petugas juga mendata rumah warga baik yang rusak berat, sedang dan rusak ringan. Dan, dipastikan pada musibah itu tak ada korban jiwa. Tapi, kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta.
"Insya Allah Sabtu besok jumlah rumah warga yang terdampak sudah dapat kita ketahui," ujarnya. 

undefined

Bencana puting beliung di desa itu sempat menimbulkan ketakutan warga. Sebelum badai puting beliung yang meluluhlantak puluhan rumah, hujan deras disertai petir lebih dulu mengguyur kawasan itu.

"Musibah berlangsung sangat cepat dan warga dengan teriakan berhamburan keluar rumah," tandas Thabrani.

Selain puting beliung menghantam Desa Toto Mulyo Waibungur, beberapa waktu lalu bencana serupa terjadibdi Desa Adi Luhur dan Desa Mumbang Jaya Kecamtan Jabung serta Desa Mulyosari Kecamatan Pasir Sakti. Di kecamatan itu, duaratus lebih rumah warga pirak poranda. Beruntung, pada musibah itu tak ada korban jiwa.
"Untuk di Kecamatan Jabung dan Pasir Sakti, rumah warga yang terdampak sudah dibenahi," pungkas Thabrani Hasym.
(Khairuddin)

 -