Helo Indonesia

Lokasi Ledakan Gudmurah Kodam Jaya dalam Bungker dan Ada Tanggul, Pangdam Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

M. Haikal - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 31 Maret 2024 00:47
    Bagikan  
Gudang Amunisi
Foto: tangkapan layar

Gudang Amunisi - Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan saat menggelar konfrensi pers pada Sabtu (30/3/2024) malam merinci kronologis terjadinya kebakaran disertai ledakan di gudang amunisi daerah Kodam Jaya.

HELOINDONESIA.COM - Ledakan besar terjadi gudang amunisi nomor 6 Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya nomor enam di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (30/3/2024) sore menjelang malam.

Kepada wartawan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan saat menggelar konfrensi pers pada Sabtu (30/3/2024) malam merinci kronologis terjadinya kebakaran disertai ledakan itu.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Malam ini saya akan memberikan keterangan tentang kejadian meledaknya gudang di daerah Kodam Jaya yang berlokasi di Ciangsana, Kabupaten Bogor," papar Pangdam Jaya.

Menurutnya, peristiwa bermula sekitar pukul 18.05 WIB ditemukan adanya asap di gudang nomor 6.

Baca juga: Ledakan di Yon Armed VII, Pangdam Jaya: Ada Sekitar 160.000 Jenis Amunisi Kadaluarsa di Gudang itu

Kemudian, lanjutnya, petugas memberitahukan kepada piket untuk mengabarkan kepada warga sekitar akan terjadi ledakan.

"Dan memang terjadi ledakan di gudang amunisi daerah Kodam Jaya ini," jelasnya.

Dikatakan Pangdam Jaya, gudang amunisi nomor 6 itu terdiri dari amunisi-amunisi yang sudah kadaluarsa pengembalian dari berbagai satuan yang dilayani Kodam Jaya dari seluruh wilayah Jakarta.

"Dan berkisar ada 160 ribu jenis amunisi maupun bahan peledak yang ada di gudang itu," tambahnya.

Sampai saat ini, pihaknya sudah mengecek ke seluruh lokasi dari parimeter satu kilometer ke arah pemukiman tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Mengenang 40 Tahun Gudang Amunisi Korps Marinir Meledak dan Lagu Iwan Fals Berjudul Annisa

"Ini untuk mempertegastidak ada korban jiwa," ujarnya.

Meski demikian, sambung Pangdam Jaya, hingga saat ini (konfrensi pers) pihaknya mengakui tidak bisa masuk langsung ke lokasi karena masih ada kerawanan ledakan-ledakan kecil.

"Tapi dapat kami pastikan bahwa sistem pergudangan di Kodam Jaya ini, gudang ini sudah sangat aman," tambahnya.

Alasan mengapa dikatakan aman, Pangdam Jaya menjelaskan, karena gudang itu lokasinya berada di bungker dan di atasnya ada tanggul-tanggul yang mengamankan kalau ada ledakan ke samping.

"Tapi mungkin kalau ke atas akan menyebar ke beberapa tempat," imbuhnya.

Baca juga: Malam Lailatul Qadar yang Jatuh Pada 10 Terakhir Ramadhan, Ini Bacaannya

Sekali lagi, Pangdam Jaya memastikan bahwa prosedur maupun sistem pengamanan di gudang ini sudah dibuat sedemikian rupa.

"Kalau ada ledakan seperti ini diperkirakan akan aman. Walaupun mungkin tadi ada berita di media dan lain-lain ada selongsong sampai ke perumahan itu memang mungkin ledakan vertikal ke atas dan sampai percikan ke suatu tempat," terangnya.

Pihaknya juga sudah mengimbau warga-warga di sekitar Ciangsana satu kilometer ke wilayah-wilayah penduduk untuk mengecek apabila ada yang terdampak dari ledakan ini.

"Mungkin itu sementara dari saya sebagai keterangan awal dan saat ini kami sedang menunggu satu dua jam ke depan untuk bisa masuk ke lokasi untuk mengatasi, memadamkan, karena kami tidak mau mengambil risiko," tandasnya.