Helo Indonesia

BTN Salurkan Paket Sembako untuk Korban Banjir di Demak, Wujud Tanggung Jawab Sosial

Jumat, 29 Maret 2024 09:37
    Bagikan  
BTN Salurkan Paket Sembako untuk Korban Banjir di Demak, Wujud Tanggung Jawab Sosial

BANTUAN: SEVP Operasional BTN Alex Sofjan Nomor saat menyerahkan bantuan bagi warga terdampak banjir di Demak didampingi Bupati dr Hj Eistianah. Foto: Sari Jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM -Cuaca ekstrem yang terjadi sejak awal 2024 telah menimbulkan banyak musibah.  Mulai dari kekeringan panjang dampak fenomena el nino pada pergantian tahun 2023-2024, dan lanjut dengan hujan intensitas tinggi hingga menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Indonesia.

Khususnya bencana banjir di Jawa Tengah, paling parah terjadi di Kabupaten Demak, Grobogan dan Kudus. Kondisi memprihatinkan tersebut telah menumbuhkan empati banyak pihak. Termasuk  PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), yang telah menyalurkan paket sembako senilai total Rp 600 juta  bagi korban terdampak banjir.

Saat menyerahkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Posko Terpadu Penanganan Bencana Demak, SEVP Operations BTN Alex Sofjan Noor menurutkan, penyaluran paket sembako tersebut  merupakan bentuk kepedulian BTN sebagai salah satu BUMN yang harus melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"Mengenai banjir di Jawa Tengah seperti Kudus, Demak dan Grobogan, BTN memberikan bantuan berupa sembako. Ini wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial kami kepada masyarakat. Dengan harapan dapat meringankan beban para korban yang terdampak bencana banjir ini," ujar Alex Sofjan Noor, Kamis (28/03/2024).

Bencana Alam

Lebih lanjut Alex mengatakan, memasuki tahun 2024, telah terjadi beberapa bencana alam di beberapa wilayah di Indonesia akibat faktor cuaca dan fenomena alam lainnya. Salah satu bencana yang terjadi adalah bencana banjir di daerah Demak dan sekitarnya yang menimbulkan dampak tidak hanya merugikan harta benda tapi juga menyentuh secara langsung kehidupan dan keberlangsungan keluarga – keluarga yang terkena dampaknya.

"Di saat-saat sulit seperti ini, adalah tanggung jawab kita bersama sebagai sesama manusia untuk berdiri bersama, saling membantu, dan mengurangi penderitaan masyarakat yang terdampak akibat bencana banjir ini," imbuhnya.

Turut hadir menyambut di Posko Terpadu Penanganan Bencana Demak, Bupati dr Hj Eisti'anah. Di samping pula Sekda H Akhmad Sugiharto ST MT, serta Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak HM Agus Nugroho LP.

Menutur Alex,  BTN sebagai salah satu BUMN memiliki tanggung jawab untuk berperan serta secara aktif dalam pembangunan. Sekaligus memenuhi pilar sosial, ekonomi dan lingkungan guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Sehubungan itu Bupati Eisti'anah menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah berempati dan peduli membantu masyarakat Demak. Termasuk di dalamnya BTN, yang tak hanya memberikan bantuan sembako, namun juga memberikan kemudahan pembayaran angsuran bagi pelaku UMKM terdampak banjir. Sehingga ekonomi kembali menggeliat pasca-banjir. (Jati)