Helo Indonesia

Dinkes Pesawaran Mencatat Terjadinya Lonjakan Kasus Demam Berdarah Dengue

Selasa, 26 Maret 2024 16:17
    Bagikan  
Dinkes Pesawaran Mencatat Terjadinya Lonjakan Kasus Demam Berdarah Dengue

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantas Penyakit Dinas Kesehatan Pesawaran Chris Manurung/Foto: Ist

HELOINDONESIA.COM -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesawaran, mencatat terjadinya lonjakan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Minggu ketiga bulan Maret 2024.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantas Penyakit (P2P) Dinkes Pesawaran Chris Manurung mengatakan, sampai dengan Maret ini pihaknya mencatat terdapat 41 kasus DBD.

"Dari awal bulan sampai dengan data pertanggal 24 Maret itu, terdapat 41 kasus DBD yang tercatat di kami," kata Chris, Selasa (26/3/2024)

Menurutnya, jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan, kasus DBD yang tercatat pihaknya pada bulan Februari lalu.

"Pada bulan Februari saja, dalam satu bulan itu terdapat 30 kasus DBD yang tersebar di 11 Kecamatan yang ada di Pesawaran, sedangkan pada bulan Maret ini belum habis satu bulan jumlah kasusnya sudah melebihi jumlah kasus pada bulan sebelumnya," ujarnya.

Dijelaskan, dari jumlah kasus DBD yang terjadi, rata-rata ditangani ataupun dilakukan perawatan di Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang ada di Kecamatan, meskipun ada juga pasien DBD yang dilakukan perawatan di RSUD.

"Kalau untuk korban jiwa tidak ada dan mudah-mudahan tidak ada, kalau terjadi lonjakan kasus DBD pada bulan Maret ini disebabkan beberapa faktor, seperti cuaca yang saat ini memasuki musim penghujan dan juga kebersihan lingkungan di masyarakat," jelasnya.

Ia mengatakan, faktor lingkungan yang kotor ditambah dengan musim penghujan, sehingga banyak barang bekas atau sampah yang menampung air hujan, sehingga dapat dijadikan tempat berkembang biak nyamuk, ditambah faktor perilaku yaitu kesadaran masyarakat untuk PSN masih rendah.

"Makanya, setiap ada kasus DBD di beberapa kecamatan, kita langsung penyelidikan Epidemioligi kepada keluarga dan lingkungan pasien, kemudian memberikan edukasi Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN) 3M PLUS dan Fogging kepada lingkungan pasien yang positif kasus DBD," pungkasnya. (Rama)