Helo Indonesia

Bantu Korban Banjir di Kabupaten Demak, Mabes Polri Kirim Tim Kemanusiaan

Sabtu, 23 Maret 2024 19:58
    Bagikan  
Bantu Korban Banjir di Kabupaten Demak, Mabes Polri Kirim Tim Kemanusiaan

PENGUNGSIAN: As SDM Kapolri Irjen Pol Deddy Prasetyo didampingi Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaja saat mengunjungi lokasi pengungsian korban banjir di Desa Ngaluran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Foto

DEMAK, HELOINDONESIA.COM -Bencana banjir di Kabupaten Demak yang berkepanjangan mengundang perhatian Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri). Sehingga dipimpin Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Irjen Pol Deddy Prasetyo, Mabes Polri mengirim tim misi kemanusiaan untuk membantu percepatan penanganan bencana banjir di Kabupaten Demak, Sabtu (23/3/2024).

Tim Kemanusiaan Penanganan Bencana Hydrometeorology Mabes Polri yang dihadirkan di lokasi pengungsian Desa Ngaluran, Kecamatan Karanganyar sebanyak 110 personel. Mereka bertugas meringankan sekaligus memulihkan psikis warga terdampak banjir.

As SDM Kapolri Irjen Pol Deddy Prasetyo menerangkan, tim kemanusiaan  tersebut dibagi menjadi tiga. Yakni Tim Trauma Healing dan Konselor, Tim Dokkes Polri, serta Tim Polwan Tanggap Bencana.

"Alhamdulillah atas sinergitas dan kolaborasi TNI, Polri, Pemda dan relawan, penanganan banjir dapat teratasi dengan baik," ungkap mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu, di sela pemberian bantuan berupa 1.000 paket untuk anak-anak, 11.842 potong pakaian, 10 ton beras, 500 dus air melineral, 700 dus mi instan dan 725 makanan cepat saji. Serta bantuan berupa obat-obatan.

Paket Bantuan

Sehingga total ada 50.789 paket bantuan yang disalurkan kepada korban banjir di Kabupaten Demak. Karena durasi banjirnya cukup panjang, tim trauma healing ini akan bersinergi, bekerjasama, dengan tim yang sudah ada di Polda Jateng. "Targetnya  tentu untuk penguatan mental bagi para pengungsi yang berdampak," terangnya, didampingi Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi serta Bupati Demak dr Hj Eisti'anah SE.

Sedangkan tim dari Dokkes Polri, kata Deddy, juga akan bekerja sama dengan tenaga kesehatan dan tenaga medis untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan. Sementaran Tim Polwan Tanggap Bencana disiagakan untuk membantu kegiatan dapur umum yang berada di lokasi pengungsian.

Terkait sampai kapan tim kemanusiaan akan membantu para korban banjir Demak, mantan Kadiv Humas Polri ini mengatakan tergantung dengan situasi dan kondisi di lokasi. "Semoga dengan bantuan yang kami bawa dapat bermanfaat bagi saudara kita yang terdampak banjir dan semoga dengan kerjasama serta kolaborasi semua pihak bancana ini dapat segera tertangani," ungkapnya.

Sehubungan itu Bupati Eistianah mengungkapkan rasa terima kasih kepada jajaran Polri yang selama ini secara masif membantu korban banjir maupun penanganan tanggul jebol di Sungai Wulan. "Apresiasi kami bagi jajaran kepolisian yang telah memberikan bantuan bagi  warga terdampak banjir di Kabupaten Demak. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga terdampak banjir," pungkasnya. (Jati)