Helo Indonesia

PPKH dan PMII, Sinergi Kemanusiaan untuk Sayung Terdampak Banjir

Jumat, 22 Maret 2024 16:09
    Bagikan  
PPKH dan PMII, Sinergi Kemanusiaan untuk Sayung Terdampak Banjir

RELAWAN: Para pemuda dan relawan yang tergabung dalam PPKH Sayung dan PC PMII Demak berfoto bersama sebelum pembagian takjil. Foto: Sari Jati

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Dengan semangat Ramadan 1445 H yang penuh berkah, Pendamping Program Keluarga Harapan (PPKH) Sayung bersinergi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Demak. menggelar aksi kemanusiaan. Berkolaborasi, kaum muda tersebut  menunjukkan solidaritas dengan kegiatan bakti  sosial di Posko Bencana Banjir Desa Tambakroto dan Prampelan, Kecamatan Sayung.

Mengusung tema 'Merajut Solidaritas dan Peduli Sosial', para relawan berbagi takjil dan berbuka puasa bersama. Berniat membawa kebahagiaan bagi mereka yang terdampak banjir.

Bahkan kegiatan yang berharap berkah itu pun  tak hanya membagikan makanan, tetapi juga pembacaan Al-Qur'an juz 1-30. Serta doa bersama untuk keselamatan dan pemulihan wilayah Sayung.

Koordinator PPKH Sayung, Agus Romli, menekankan pentingnya solidaritas dan kepedulian sosial. "Terutama dalam membantu pengungsi banjir. Dan berbagi takjil bukan hanya tentang memberi makanan, tetapi juga tentang menunjukkan empati dan kehangatan," ujarnya, Jumat (22/03/2024).

Inspirasi

Dia berharap kegiatan ini dapat menginspirasi lebih banyak aksi solidaritas komunitas lainnya. Karena berbagi berbagi takjil, bukan hanya tentang berbagi makanan. Lebih dari itu timbul rasa empati untuk para korban.

Pada saat sama Ketua PC PMII Demak, Najib Musthofa menuturkan, budaya saling tolong menolong harus terus dipupuk. Khususnya dalam menghadapi musibah dan memanfaatkan bulan Ramadhan untuk berbagi dan membantu warga bangkit kembali.

Dalam aksi sosial ini, dibagikan 450 bungkus takjil, peralatan mandi, dan 4 dus mie instan. Kegiatan ini juga didukung oleh Korp PMII Putri (Kopri) Demak, PMII Komisariat Sultan Fatah, Dema STAIIC Demak, Bem Unisfat, dan relawan KPM PKH wilayah Sayung dan Relawan KPM PKH Wilayah Guntur yang semua berpartisipasi dalam upaya kemanusiaan ini.

"Semoga dengan kegiatan ini, banjir dapat segera surut dan warga dapat kembali beraktivitas, sehingga roda perekonomian dapat berputar kembali," pungkas Najib Musthofa.  (Jati)

 

RELAWAN: Para pemuda dan relawan yang tergabung dalam PPKH Sayung dan PC PMII Demak berfoto bersama sebelum pembagian takjil. Foto: Sari Jati