Helo Indonesia

BMKG Melaporkan Terjadi Gempa di Laut Tuban Terasa Hingga di Wilayah Surabaya dan Sidoarjo

Jumat, 22 Maret 2024 11:43
    Bagikan  
LOKASI
BMKG

LOKASI - Ilustrasi lokasi gempa di Laut Tuban

HELOINDONESIA.COM - Telah terjadi Gempa berkekuatan 6.0 magnitudo di Laut Tuban, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024) pukul 11:22:45 WIB.

Lokasi gempa di tengah laut persis di sebelah Utara Wilayah Kabupaten Tuban dengan kedalaman 10 km.

Badan Meteorologo Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di laman twitter @infoBMKG melaporkan persistiwa gempa tidak berpotensi adanyan tsunami.

Meski demikian gempa sangat terasa selama sekitar 1 menit di wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya, gempa cukup dirasakan di kawasan Kecamatan Waru, Perbatasan Sidoarjo-Surabaya.

Baca juga: Gempa 5 Magnitudo Terjadi di Barat Daya, Bayah Banten

Warga di Perumahan Tambakrejo Indah, wilayah Kecamatan Waru misalnya sejumlah warga keluar dari rumah berdiri di sepanjang jalan perumahan itu.

Mereka membahasa adanya guncangan yang terjadi yang ternyata akibat gempa bumi di wilayah Laut Tuban yang berjarak 100 km lebih dari Kota Surabaya.

Beberapa warga mengatan gempa sangat dirasakan saat dia sedang duduk dikursi tiba-tiba seperti berputar-putar, semua bergerak.

Baca juga: Panglima TNI Salurkan 1.000 Paket Sembako Untuk Korban Gempa Sumedang

Seperti terlihat air di dalam galom terlihat bergoyang-goyang begitu juga daun pintu yang dibuka terlihat bergerak-gerak.

"Saya merasakan seperti digoyang-goyang saat tidur di tempat tidur," kata seorang warga perumahan Tambakrejo Indah Sidoarjo, Jumat (22/3/2024). **