bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

8 Pendaki Tersambar Petir, 1 Tewas di Gunung Seminung

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 30 April 2023 11:57
    Bagikan  
Salah satu pendaki yang terkena petir
Salah satu pendaki yang terkena petir (Foto Ist)

Salah satu pendaki yang terkena petir - (Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Delapan dari 58 pendaki Gunung Seminung tersambar petir, satu tewas dan empat lainnya luka bakar di Pekon Teba Pering Raya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Sabtu (29/4/2023), pukul 23.45 WIB.

Satu pedaki meninggal dunia, tujuh lainnya mengalami luka berat, dua luka ringan, dan tiga pendaki mengalami hipotermia. Sedangkan 45 pendaki lainnya tidak mengalami luka-luka, kata Kalak BPBD Lambar Padang Priyo.

Petir yang menyambar pendaki di Gunung Seminung itu diakibatkan adanya intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kecamatan Sukau dan sekitarnya.

Tim SAR BPBD berangkat, Minggu (30/4/2023), pukul 00.30 WIB dan sampai di lokasi pukul 04.30 WIB, kata Kalak BPBD Lambar Padang Priyo. Dia menjelaskan korban akan dievakuasi turun dari puncak Gunung Seminung menggunakan tandu darurat.

Di kaki gunung, Tim SAR BPBD juga telah menyiapkan dua mobil ambulan untuk proses evakuasi korban ke Puskesmas terdekat. "Iya, masih proses evakuasi saat ini," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lambar Mekal Novisa. (HBM)