Helo Indonesia

Ditemukan Koordinat Tapak Harimau, Ini Kata Menteri KLHK Siti Nurbaya

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 15 Maret 2024 17:12
    Bagikan  
HARIMAU
Helo Lampung

HARIMAU - Kandang perangkap harimau yang dibuat hari ini dan akan dipasang di titik koordinar jejak harimau yang telah ditemukan kemarin (Foto Apriyan/Helo)

HELOINDONESIA.COM

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Tim pemburu telah menemukan tapak harimau yang berkeliaran di Suoh, Kabupaten Lampung Barat, kemarin. Jumat ini (15/4/2024), Tim menyelesaikan pembuatan kandang perangkap yang terbuat dari kayu.

Rencana, Sabtu pagi (16/3/2024), kandang perangkap akan dipasang sesuai dengan koordinat penemuan tampak harimau tersebut di Sumber Agung, Suoh, kata Apriyan Sucipto yang menjadi tim pendukung kepada Helo Lampung.

"Semoga segera tertangkap," doanya.

Menurut Tim Rescue Harimau Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor, kandang perangkap sengaja dibuat dari kayu agar sealami mungkin. Harimau enggan masuk perangkap besi yang sudah disebar ke beberapa titik oleh TNBBS

SITI NURBAYA

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan kejadian serupa pernah terjadi di Riau. "Harimau memiliki karakter yang kuat, apalagi ketika berusia remaja," katanya, Kamis (14/3/2024).

"Harimau itu memang punya karakter dia pada usia remaja. Dia kan umurnya kira-kira bisa sampai 20-30 tahun ya. Jadi umur 5-6 tahun, dia remaja, biasanya suka keluar keluar dia, dia lihat, dia cari, itu ada karakternya," tuturnya.

Siti Nurbaya juga menyebut akan menyediakan pusat penyelamatan satwa setelah harimau tersebut berhasil ditangkap. Dia juga telah meminta Kantor Balai Perlindungan dan Pelestarian Alam (PPA) Resort Suoh Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) kembali dibangun.

"(Harimau) punya wilayah jelajah, dia di zona inti biasanya dan kadang-kadang memang kita menyiapkan rescue ya, rescue center, suakanya," tukasnya di di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta. (HBM)

 -