Helo Indonesia

Meriah! Pawai HUT Satpol PP, Damkar dan Satlinmas Tingkat Provinsi di Surakarta

Kamis, 7 Maret 2024 06:00
    Bagikan  
Meriah! Pawai HUT Satpol PP, Damkar dan Satlinmas Tingkat Provinsi di Surakarta

Peserta dari Kabupaten Tegal saat melintas dalam pawai HUT ke-74 Satpol PP, HUT ke-105 Damkar, dan HUT ke-62 Satlinmas di Solo. Foto: jatengprov.go.id

SOLO, HELOINDONESIA.COM - Sekitar 1.400 orang terlibat dalam pawai HUT ke-74 Satpol PP, HUT ke-105 Damkar, dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Surakarta, Rabu 6 Maret 2024 sejak siang hingga petang hari.

Mereka melakukan karnaval mulai dari Jalan Slamet Riyadi di Stadion Sriwedari, sampai Balai Kota Surakarta, dengan jarak sekitar 2,6 kilometer. Suasana tampak meriah, yang mana sebagian besar peserta memperlihatkan kesenian atau kearifan lokal daerah masing-masing.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Jateng Retno Fajar Astuti menyampaikan, pihaknya mengadakan Pawai Praja, dengan peserta anggota Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar dari 35 kota dan kabupaten. Dalam pawai, mereka menunjukkan sejumlah kesenian lokal daerah asalnya.

Baca juga: Kemendikbudristek Akan Gelar Serangkaian Acara di Hari Musik 2024

“Atraksinya pun disesuaikan dengan kabupaten dan kota. Misalnya, dari Kabupaten Tegal menampilkan (kostum) Teh Poci yang merupakan kearifan lokal, Pekalongan membawa batik, dan lainnya. Semua itu adalah dalam rangka kebanggaan mereka dengan event ini, mereka mencurahkan dengan penuh energik,” kata Retno, ditemui di lokasi seusai acara, seperti dilansir jatengprov.go.id.

Menurutnya, total peserta pawai sesuai surat edaran minimal 30 orang setiap daerah. Namun hasilnya, dari pantauannya di lapangan, jumlah peserta lebih banyak dari surat edaran.

“Tadi lebih dari 30 orang per daerah yang tampil. Total sekitar 1.400 orang yang mengikuti event ini,” beber Retno.

Apa yang ditampilkan para peserta pawai nantinya akan dinilai. Kemudian, akan diberikan penghargaan untuk peserta pawai yang mendapat nilai bagus saat upacara HUT ke-74 Satpol PP, HUT ke-105 Damkar dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Stadion Sriwedari Surakarta, Kamis (7/3/2024).

“Kita ingin menunjukkan bahwa Satpol PP adalah institusi yang ramah pada masyarakat. Kita bersikap humanis sebagai penegak perda,” ujarnya.

Peserta pawai asal Satpol PP Kabupaten Cilacap, Supriyatno mengapresiasi kegiatan itu yang berjalan sangat ramai. Dia dan tim pun menampilkan gelar budaya kesenian lokal dari Cilacap.

“Seperti inilah yang harus setiap tahun diadakan, berupa gelar budaya. Jadi kita ada seninya. Kita tidak hanya jaga-jaga saja, kita siap-siap saja, upacara, (tapi) kita ada keseniannya,” tambahnya. (Aji)