Helo Indonesia

Jelang Ramadan, Polres Kendal Lakukan Ramp Check Sejumlah Angkutan Umum

Rabu, 6 Maret 2024 19:10
    Bagikan  
Jelang Ramadan, Polres Kendal  Lakukan Ramp Check Sejumlah Angkutan Umum

Petugas Polres Kendal saat mengecek kelaikan kendaraan umum. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Jelang Ramadan 1445 Hijriah, Satlantas Polres Kendal, bersama Unit Kesehatan Polres Kendal dan Dinas Perhubungan serta Jasa Raharja melaksanakan giat ramp check sekaligus cek kesehatan bagi para pengemudi angkutan umum.

Kegiatan dalam rangka Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi tahun 2024 tersebut dilaksanakan di beberapa titik diantaranya di depan Polsek Kota Kendal atau depan Alun-alun Kabupaten Kendal, Rabu 6 Maret 2024.

Sejumlah kendaraan angkutan umum berupa armada bus dihentikan dan dilakukan pengecekan terkait syarat teknis dan laik jalan yaitu kelengkapan administrasi kendaraan. Diantaranya, pemeriksaan administrasi kendaraan, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM), Bukti Lulus Uji KIR, izin trayek dan lain sebagainya.

Baca juga: Kepala LLDikti Puji USM Terus Meluncur Pesat dalam Segala Aspek

Selain itu para petugas juga memeriksa fisik kendaraan mulai dari lampu, spion, klakson, ban, rem dan lainnya. Serta dilakukan cek kesehatan bagi para pengemudi melalui sampel urin.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Kendal, Ipda Karyono menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan armada transportasi umum dalam mengoptimalkan keselamatan perjalanan penumpang selama pergerakan mudik Ramadan dan Lebaran.

"Operasi ini sasarannya adalah rampcheck angkutan umum, yang kita cek meliputi kelengkapan tehnik mobil tersebut. Semua kita cek termasuk drivernya kondisinya sehat apa tidak, mabuk apa tidak, kita laksanakan tes urine dan hasilnya bisa langsung terlihat," ungkap Ipda Karyono.

Kondisi Aman

Dari enam armada bus yang dilakukan pemeriksaan, menurutnya secara teknik maupun administrasi hingga kesehatan pengemudi masih dalam kondisi aman.

Baca juga: Wali Kota: Sejarah Kota Semarang akan Dibukukan, untuk Edukasi Generasi Penerus

"Alhamdulillah dari hasil yang kami periksa, baik kondisi tehnis angkutan umum hingga drivernya semua normal sesuai dengan ketentuan, meskipun ada sedikit kekurangan tapi semua bisa diperbaiki," tambahnya.

Kepala Seksi Perbengkelan Bidang Keselamatan dan Tehnik Sarana pada Dinas Perhubungan Kendal, Arif Lukmanul Hakim menjelaskan, dalam operasi Ramcheck tersebut para petugas mengedepankan upaya preventif, sehingga tidak ada penindakan dan hanya diberikan imbauan agar segera melengkapi jika ada kekurangan baik persyaratan administrasi maupun tehniknya.

"Tadi kita sampel ada 6 unit, Alhamdulillah laik semua. Tapi ada yang KIR nya mati dan sudah kita sarankan segera ke fasilitas Uji KIR di Kantor Dishub. Dan kalau ada lampu-lampu yang mati, atau remnya ada masalah kita langsung berikan saran untuk segera diperbaiki. Karena rem itu termasuk persyaratan tehnik utama terkait keselamatan lalu lintas," imbuh Arif.

Baca juga: Pelaku Penggelapan Mobil di Purbalingga Diciduk Polisi, Berdalih untuk Bayar Utang

Sementara, pihak Dokkes Polres Kendal, dr Agung menerangkan, dari hasil pemeriksaan kesehatan kepada empat pengemudi angkutan, tidak ditemukan hal di bawah pengaruh narkoba maupun kesehatan yang mengganggu aktivitas para pengemudi.

“Hasil pemeriksaan dari sampling empat pengemudi tidak ditemukan penyalahgunaan narkoba, kemudian untuk kesehatan termasuk tensi tinggi juga belum ada. Terus mereka (pengemudi) waktu istirahatnya sesuai," beber dr Agung. (Anik)