bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ribuan Warga Sesaki 'Ngejalang Buka' di Pekon Kembahang

Helo Lampung - Nasional -> Peristiwa
Senin, 24 April 2023 16:02
    Bagikan  
Ribuan Warga Sesaki 'Ngejalang Buka' di Pekon Kembahang

(Foto Erwan/ Lampung,heloindonesia.com)

 

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Ribuan warga antusias meriah dan hadiri 'Ngejalang Buka' yakni tradisi sekura dan panjat pinang yang diadakan di sekitaran Rumah Adat Kepaksian Bejalan Di Way di Pekon Kembahang, Kecamatan Batu Brak pada Senin (24/4/2023).

Ajang silaturahmi tiga Syawal yang diselenggarakan karang taruna beserta masyarakat adat setempat itu menjadi hiburan yang antusias diserbu warga dari berbagai wilayah.

Pantauan media ini, selain ribuan warga memenuhi pusat keramaian yang dikombinasi dengan musik organ tunggal itu juga diramaikan dengan sejumlah pedagang UMKM.

Diketahui, terdapat 11 batang pinang yang dipersembahkan masyarakat setempat untuk perwakilan masyarakat dari berbagai daerah dan pekon di Kecamatan setempat

Peratin Pekon Kembahang, Donal Hentrisa, mengamini hal tersebut. Menurutnya, ramainya kegiatan diatas tidak lepas dari kerjasama semua pihak masyarakat yang sudah jauh hari mempersiapkan segala hal.

"Selain upaya menjaga tradisi, alhamdulillah 'Ngejalang Buka' hari ini ramai dan kondusif," ujar Donal Hentrisa.

Kendati ramai kata Donal, pihaknya bersyukur tidak terjadi kemacetan di jalan raya. Sebab, sentralisasi kegiatan dipusatkan di jalan lingkar dalam Pekon setempat.

Atas suksesnya kegiatan yang ramai diwarnai dengan berbagai bentuk topeng dan lakon sekura itu pihaknya mengucapkan terimakasih tidak terhingga.

"Sampai jumpa pada idul fitri mendatang, serta tentunya mari kita ramaikan kegiatan sekura yang ada di berbagai pekon ini," ajaknya.

Sebelumnya, Suttan Kepaksian Buway Bejalan Diway, yang mulia Pun Salayar Akbar Puspa Negara, Gelar Suttan Jaya Kesuma IV Suttan Sekala Bekhak Ke 20 mengingatkan ikhwal esensi kegiatan yang dilakukan pihak masyarakat adat dan karang taruna itu.

"Tidak lain untuk menjaga warisan leluhur serta untuk menjalin dan mereketkan silaturahmi dan persaudaraan," jelasnya saat membuka kegiatan diatas.

Ia juga mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat dan peserta pesta sekura cakak buah agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan bersama.

"Dalam momentum Hari Raya Idul Fitri ini saya mewakili seluruh masyarakat Buway Bejalan Di Way mengucapkan minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin," ucapnya.

Diketahui, selain di Pekon Kembahang tradisi serupa diadaka di berbagai tempat. Diantaranya, di Pekon Kotabesi, Kecamatan Batu Brak, Pekon Hujung Kecamatan Belalau Puramekar Kecamatan Gedung Surian dan Pemangku Pelita Jaya Pekon Bahway, Padang Cahya, Gunung Sugih dan Pekon Way Empulau Ulu Kecamatan Balik Bukit.

Nampak hadir dalam kesempatan tersebut anggota DPR RI Dapil Lampung 1, Mukhlis Basri dan Anggota DPRD setempat, Ahmad Ali Akbar serta berbagai perwakilan raja Jungkuan Kepaksian Bejalan Di Way.

(Erwan)