Helo Indonesia

PMI Demak Salurkan Bantuan pada Warga Terdampak Banjir di Karanganyar Demak

Sabtu, 10 Februari 2024 19:07
    Bagikan  
PMI Demak Salurkan Bantuan pada Warga Terdampak Banjir di Karanganyar Demak

Dapur umum dibuka PMI Demak untuk bantu warga terdampak banjir

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Demak bergerak membantu penanggulangan bencana banjir akibat tanggul jebol sungai Wulan di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak sejak Selasa malam, 6 Februari 2024.

Markas PMI Kabupaten Demak di Jalan Bhayangkara Baru Demak membuka posko Dapur Umum, layanan logistik, pusat data dan informasi. Sebanyak 6.000 bungkus per hari disalurkan ke warga terdampak banjir.

PMI juga melakukan evakuasi korban banjir menggunakan perahu sejak awal bencana ini diturunkan hingga Sabtu hari ini 10 Februari 2024.

Baca juga: Tanggap Bencana, USM Bantu Korban Banjir Karanganyar Demak

Berbagai relawan PMI dari PMI Kota Semarang, Boyolali, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Tegal,Kabupaen Semarang, Sragen, Brebes, Kendal, dan mahasiswa Universitas Semarang (USM).

Pengurus bidang Penanggulangan bencana PMI Kabupaten Demak Mulyanto AP MSi mengatakan bahwa PMI berkoordinasi dengan Dinas Sosial, BPBD terkait langkah-langkah penanganan bencana banjir.

“PMI Kabupaten Demak saat ini membuka posko dapur umum di tiga titik yaitu pertama di Markas PMI Kabupaten Demak di Jl Bhayangkara Baru Demak, kedua dapur umum di Desa Kedung Waru Kidul, ketiga dapur umum di Dinas Sosial. Desa yang terdampak ada 8 desa yang paling parah parah Desa Karanganyar, Desa Undaan Kidul, Desa Undaan Lor, Desa Ngemplik Wetan, dan Desa Wonorejo,” ungkap Mulyanto.

“Bantuan yang yang diterima saat ini bahan makanan,mie instan, beras, sayuran dan lain-lain.

Kebutuhan Bayi

Kebutuhan saat ini yang mendesak adalah kebutuhan bayi seperti susu formula, MPASI, popok, pakaian bayi, alat kebersihan, selimut serta obat-obatan,” tambahnya.

Saat ini ketinggian air masih 50-180 cm dan area terdampak banjir semakin bertambah, masyarakat yang mengungsi lebih dari 5000 orang terbagi di dua kecamatan yaitu Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Gajah.

Baca juga: Naik Gerobak Sapi, Ganjar Diarak Ratusan Ribu Warga Keliling Solo, Tunjukkan Eksistensi Kandang Banteng

Kepala Markas PMI Kabupaten Demak Ade Heriyanto SH berharap bencana ini segera berlalu, dan saat ini tim PMI Kabupaten Demak masih melakukan evakuasi.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada masyakat yang telah membantu korban banjir melalui PMI Kabupaten Demak atas bantuan yang telah diberikan. Selanjutmya bagi masyarakat yang akan memberikan bantuan bisa menghubungi PMI kabupaten Demak (0291) 685307,” ungkap Ade Heriyanto SH. (Aji)