Helo Indonesia

Wali Kota Eva Dwiana Persembahkan 3  Karya Besar Buat Warganya

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 9 Februari 2024 03:09
    Bagikan  
GEDUNG
Helo Lampung

GEDUNG - Tiga bangunan: Mall Pelayanan Publik, JPO, dan GOR Wayhalim (Foto Kolase Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Selama memimpin Kota Bandarlampung, Wali Kota Eva Diana mempersembahkan tiga karya besar berupa infrastruktur buat warganya, yakni Gedung Mall Pelayanan Publik, GOR Wayhalim, dan Jembatan Siger Milenial buat makin cantik Kota Tapis Berseri.

Sebetulnya, tidak hanya itu, dia juga membangun lebih modern Gedung Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandar Lampung diresmikan pada Jumat (19/01/2024) dan yang terbaru membangun Gedung  UPTD  Instalasi Farmasi diresmikan pada Selasa (6/2/2024).

Masih banyak lagi pembangunan yang dilakukannya. Namun, di tahun penghujung kepemimpinan periode pertamanya ini, ada tiga yang hendak dipaparkan kali ini, yakni Gedung Mall Pelayanan Publik, GOR Wayhalim, dan Jembatan Siger Milenial.

undefined

MALL PELAYANAN PUBLIK

Dengan dibangunnya Gedung Mall Pelayanan Publik, Pemkot Bandarlampung kini memiliki dua Gedung kembar. Gedung serupa dibangun oleh wali kota sebelumnya persis di sampingnya.

Pembangunan gedung 10 lantai ini hampir rampung sejak peletakan batu pertama (grounbreaking ) pembangunan Gedung Mal Pelayanan Publik, dua tahun lalu, Jumat (27/5/2022) oleh Menpan RB dan Reformasi Birokrasi RI Cahyo Kumolo.

Ketika itu, Cahyo Kumolo mengucapkan selamat kepada Wali Kota Eva Dwiana yang peduli terhadap pelayanan terhadap warganya. "Ini suatu terobosan Wali Kota memahami pentingnya ruang pelayanan publik ini," ujarnya kala itu.

Dia juga mengapresiasi kebijakan Wali Kota Eva bekerja sama dengan Polri, dalam hal ini, Polresta Bandarlampung, untuk membuka pelayanan SIM, tilang, dan lainnya di gedung yang ditargetkan selesai tahun ini.

Gedung yang dibangun tiga tahap (tahap 1,2, dan finishing) rencananya akan menjadi tempat pelayanan terpadu perizinan, pembuatan  SIM, paspor, dan mengambil tilang. Pemkot akan menggandeng Polresta.

“Insya Allah selesai tahun ini, karena semua ngurus apa-apa nanti di mal pelayanan publik. Insyaallah semua yang terbaik untuk masyarakat Bandar Lampung," kata Wali Kota Eva Dwiana.

undefined

GOR WAYHALIM

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana membangun GOR Wayhalim di Jalan Kimaja, Wayhalim,  "Kita sebentar lagi akan punya GOR terbesar ya di Way Halim, hampir rampung, insya Alloh kelar tahun ini," kata Eva.

Di GOR Wayhalim, Wali Kota Eva menyiapkan tujuh kios buat pedagang.  Lantai bawahnya, ada fasilitas perkantoran. "Agar nyaman, tersedia 53 toilet untuk pria dan wanita di bagian kanan dan kiri lantai dasar gedung.

Bagian kanan gedung dekat pintu masuk utama 2 juga terdapat beberapa ruangan, mulai dari aula, ruang staf, lobi, ruang KONI, ruang sekretariat, ruang ketua KONI dan parkir khusus KONI.

Ada dua ruang pemain, ruang ganti pemain, ruang pelatih, ruang pertemuan. Parkir kendaraan berada di depan dan samping kanan GOR.

Untuk pembangunan tahap kedua biasanya akan sama dengan tahap pertama yakni sekitar 6 bulan. Sehingga jika dimulai Januari maka sekitar Maret 2024, GOR Wayhalim senilai Rp40 miliar sudah rampung.

undefined

JPO SIGER MILENIAL

Proyek pembangunan ikon wisata Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Siger Milenial Kota Bandarlampung sudah 60 persen. Sekkot Bandarlampung Iwan Gunawan memperkirakan selesai pada bulan Juni 2024.

Menurut Sekkot Iwan, pembangunan tahap akhir akan dimulai awal bulan Februari (2/2/2024) dan target selesai Juni 2024. "Pembangunannya belum selesai, maaf jika ada yang terganggu," ujarnya.

JPO tingginya 12 meter dari badan jalan dan panjang 120 meter. Sedangkan untuk lebarnya 3 meter. Sehingga diperkirakan jembatan ini bisa dilewati oleh 2-3 orang sekaligus.

Menurut dia, JPO yang menghubungkan Kantor Pemkot Bandarlampung dan Masjid Alfurqon tersebut mempermudah akses kedua lokasi sekaligus menambah keindahan Kota Bandarlampung dengan spot-spot untuk foto. (Hajim/HBM)

Tags