Helo Indonesia

Sekda Kendal Minta Kades Mitigasi TPS yang Rawan Bencana

Rabu, 7 Februari 2024 19:35
    Bagikan  
Sekda Kendal Minta Kades Mitigasi TPS yang Rawan Bencana

Kegiatan FGD Kondusivitas Wilayah dalam rangka Sukseskan Pemilu 2024. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Sekda Kendal, Sugiono meminta Kepala Desa di seluruh Kabupaten Kendal agar dapat memitigasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang rawan bencana. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada acara Forum Group Discussion (FGD) Kondusivitas Wilayah dalam rangka Menyukseskan Pemilu 2024 yang digelar di Pendapa Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Rabu 7 Februari 2024.

Bahkan Sekda juga mengimbau agar TPS bisa menggunakan gedung sekolah maupun fasilitas lain untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat pelaksanaan pemungutan suara, terlebih bersamaan dengan kondisi curah hujan yang tinggi.

Baca juga: Didukung Barisan Jenderal, Ganjar Pranowo; Bapak Saya Pasti Bangga

"Kami membuat imbauan untuk TPS-TPS seyogyanya menggunakan gedung. Kita siapkan gedung SD, semua SD kalau mau digunakan silahkan, gedung-gedung pemerintah yang lainnya juga mangga (silakan) kalau ada rumah kosong juga mangga. Karena kondisi cuaca saat ini kami sarankan TPS itu di gedung," ujar Sekda Kendal.

Ia juga menyatakan para ASN/PNS di Kabupaten Kendal yang menjadi petugas KPPS diberikan rekomendasi sebelum dan sesudah hari pemungutan suara.

"Jadi kalau ada ASN yang kebetulan jadi petugas KPPS, hari Selasa, Rabu, Kamis mereka free untuk bisa sepenuhnya membantu pejuang demokrasi. Kita berikan kelonggaran," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Sugiono juga meinta kepada Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Lurah serta pemangku kepentingan lainnya, agar memberikan sosialisasi yang baik kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan cermat dan penuh pertimbangan.

Baca juga: Komisi Pendidikan MUI Jateng Gandeng USM Syiarkan Tayangan Pendidikan

"Netralitas Aparatur Pemerintah TNI, Polri, ASN, Kades dan Lurah tetap dijaga. Tingkatkan lagi koordinasi atau sinergitas dengan pemerintah daerah, aparat penegak hukum, unsur penyelenggara pemilu, serta komponen-komponen lain yang terkait. Kepala Desa dan Lurah adalah bagian dari unsur garda terdepan dalam mewujudkan kondusivitas wilayah di tengah-tengah," beber Sugiono.

Sebelumnya, Kepala Kesbangpol Kendal, Alfebian Yulando menjelaskan, kegiatan rakor tersebut bertujuan untuk menyukseskan Pemilu Serentak 2024, sehingga berjalan dengan baik, aman dan kondusif.

"Masyarakat diimbau bisa ikut serta mensukseskan pemilu yang tinggal menyisakan beberapa hari lagi. Dan diharapkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya meningkat," ujar Alfebian Yulando. (Anik)