Helo Indonesia

Pastikan Berfungsi Baik, Rutan Sukadana Rutin Periksa Senpi Petugas

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 7 Februari 2024 07:13
    Bagikan  
SENPI
Helo Lampung

SENPI - Petugas memastikan senjatanya dalam kondisi baik (Foto Khairuddin/Helo)

LAMPUNG, HELO.INDONESIA.COM.-- Petugas rumah tahanan negara (rutan) Kelas II B Sukadana Lampung Timur secara berkala memeriksa persenjataan. Hal itu bertujuan untuk memastikan perlengkapan milik negara itu berfungsi dengan baik.

Hal itu dikatakan Kepala Rutan Kelas II B Sukadana Abdul Aziz saat mengecek persenjataan bersama anggota di rutan setempat Selasa (6/2/2024).

Karutan Abdul Aziz yang didampingi Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Abi Aufa Al Qohhar mengatakan, saat ini senjata api baik jenis pistol dan laras panjang berjumlah enam pucuk.

Pemeriksaan senjata api secara rutin dan berkala diharapkan jadi sarana kontrol dalam pemeliharaan, pengadministrasian dan inventarisasi. Dengan pemeliharaan secara rutin, maka senjata api akan berfungsi dengan baik.
"Senjata api jadi perhatian khusus, karena merupakan alat pengamanan dan pertahanan terakhir bagi petugas," tegas Abdul Aziz.

Meskipun jumlah senjata api masih terbatas, tapi hal itu tak membuat petugas cemas jika terjadi hal yang tak diinginkan. Sebab, petugas rutan bersama warga binaan terjalin komunikasi dengan baik.


"Komunikasi yang baik adalah faktor penting antara petugas dengan warga binaan. Sehingga melahirkan kedekatan yang baik pula," ujarnya.

Ditanya jumlah warga binaan baik yang telah divonis atau sedang proses hukum, saat ini jumlah penghuni 500 lebih. "Jumlah penghuni saat ini 500 lebih dan over kapasitas. Tapi, akan selalu kita perhatikan dengan baik,"pungkas Abdul Aziz.
(Khairuddin)

Tags