Helo Indonesia

Entaskan Stunting, Disnakeswan Tubaba Bagikan 2.000 ekor Ayam

Rabu, 31 Januari 2024 19:18
    Bagikan  
Entaskan Stunting, Disnakeswan Tubaba Bagikan 2.000 ekor Ayam

Kepala Disnakeswan Tubaba Nazaruddin (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -

 Ikut serta entaskan stunting di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) akan bagikan 2.000 ayam kampung kepada 10 kelompok ternak.

Hal itu diutarakan Kepala Disnakeswan Kabupaten Tubaba, Nazaruddin, saat dikonfirmasi Helo Lampung di ruang kerjanya, Rabu (31/01/2024).

"Bantuan ternak unggas itu berupa 2.000 ekor ayam kampung betina yang. Yang mana anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024,"Kata Nazaruddin.

Dia menjelaskan, program bantuan ini akan disalurkan kepada kelompok masyarakat ternak di 10 tiyuh (desa) yang tergolong paling banyak berisiko stunting. Masing-masing tiyuh atau kelompok mendapatkan 200 ekor ayam.

Jadi nantinya, masyarakat yang kita pilih sebagai penerima bantuan akan membentuk suatu kelompok. Ayam-ayam yang diberikan itu bisa dikelola di satu titik atau terpisah di masing-masing tempat anggota kelompok masyarakat tersebut.

Lebih lanjut Nazaruddin menjelaskan, adapun anggaran yang dikeluarkan untuk membeli bantuan ternak unggas mencapai Rp.117 juta. Karena harga satuan per ekor ayam dihitung sebesar Rp.58.500, dan akan dibeli melalui pihak ketiga.

“Setelah bantuan dibagikan, maka selanjutnya kita akan melakukan bimbingan teknis (Bimtek) dengan jumlah peserta 70 orang yang terdiri dari pengurus kelompok masyarakat yang menerima bantuan ayam itu, guna memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar dapat mengelola bantuan yang diberikan dengan baik dan benar, mulai dari pakannya, kandang, dan lain-lain,”Imbuhnya (Rohman).