Helo Indonesia

Desa Braja Sakti Waijepara Dikucur Dana Hibah Rp1 Mi

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 31 Januari 2024 07:01
    Bagikan  
HIBAH
Helo Lampung

HIBAH - Penyerahan bantuan (Foto Khairuddin/Helo)

LAMPUNG. HELO.INDONESIA.COM.--- Desa Braja Sakti Kecamatan Waijepara Kabupaten Lampung Timur mendapat kucuran dana hibah Rp1 miliar dari APBD 2024. Satu-satunya desa yang dapat dana hibah itu, akan digunakan untuk pembangunan fisik dan ketahanan pangan.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Braja Sakti Edi Sumantri saat menyalurkan beras bantuan sosial di balai desa setempat Selasa (30/1/2024). Warga desa itu yang menerima beras bansos berjumlah 420 kepala keluarga dari 1.971 kk desa itu.

Sedangkan jumlah penduduk 6 ribu jiwa lebih. Pembagian beras itu akan berlangsung tiap bulan hingga Juni mendatang. "Mengingat jimlah kk hampir dua ribu, kami akan terus mengusulkan ke pusat agar terjadi penambahan,"kata Kades Edi yang baru dilantik akhir Desember 2023.

Usai penyaluran beras dari pusat, Kades Edi mengungkapkan, pada anggaran 2024, desa yang dipimpinnya dapat dana hibah dari APBD kabupaten sebesar Rp1 miliar. Sedangkan dana desa (DD) tahun ini sekitar Rp1,2 miliar.

"Desa Braja Sakti satu-satunya yang dapat daba hibah dari 264 desa di Lampung Timur. Sebuah kebanggaan buat warga saya," ujar kades yang berprofesi kontraktor itu.

Nantinya, jelas Edi, dana hibah itu akan dimanfaatkan untuk membangun i frastruktur seperti jalan, drainase dan fisik lainnya serta untuk ketahanan pangan. Begitu pula DD tahun ini juga akan digunakan untuk kebutuhan fisik dan ketahanan pangan.
"Di desa saya masih banyak yang harus dibenahi khususnya jalan, drainase dan fisik lainnya," tegas Edi.

Karena jumlah anggaran masih terbatas, Kades Edi akan membenahi. Infrastruktur di enam dusun secara bertahap. Dengan harapan lima tahun dirinya menjabat, pembangunan di desa itu sejajar dengan desa lainnya. 

"Braja Sakti adalah jantung Kecamatan Waijepara. Oleh sebab itu infrastrukturnya harus selalu dibenahi seoptimal mungkin,"pungkas Edi.
(Khairuddin)

 -

Tags