bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Cek Stasiun Manggarai, Anggota DPR: Jangan Paksakan Semua Penumpang Harus Transit

Helo Jabar - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 18 April 2023 17:02
    Bagikan  
Cek Stasiun Manggarai, Anggota DPR: Jangan Paksakan Semua Penumpang Harus Transit

Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade saat mengecek ke Stasiun Manggarai, Jaksel. (Foto: ist)

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ? Stasiun Manggarai merupakan stasiun paling sibuk di Jabotebek. Hal itu karena Stasiun Manggarai merupakan pertemuan dari empat penjuru KRL, ditambah lagi adanya lintasan kereta jarak jauh yang lalu lalang dari arah Stasiun Jatinegara menuju ke Stasiun Gambir.

Karena menjadi pertemuan transit dari empat jurusan itulah membuat Stasiun Manggarai penuh sesak oleh penumpang terutama saat jam sibuk berangkat dan pulang kerja, dan padat lalu lintas KRL. Aktivitas transit antar jalur dan kondisi stasiun yang luas, membuat banyak keluhan para pengguna KRL.

Karena banyaknya keluhan pengguna KRL itulah, Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin sore (17/4/2023). 

Sidak itu merupakan respons Andre atas banyaknya keluhan pengguna jasa KRL (Kereta Rel Listrik) terkait keruwetan yang hampir setiap hari terjadi di Stasiun Manggarai, khususnya di waktu berangkat dan pulang kerja.

Dalam sidah tersebut, Andre tiba saat jam sibuk yakni saat banyak penumpang pulang kerja sekitar pukul 16.15 WIB. Sehingga, politisi dari Fraksi Gerindra bisa langsung menyaksikan sendiri kesibukan aktivitas di Stasiun Manggarai. Banyak para penumpang berlari-larian, rebutan naik lift, menaiki tangga statis yang curam, dan antrean di peran yang penuh, tanpa ada tempat duduk.

Andre mengecek jalur layang untuk KRL Bogor sampai ke Jakarta Kota yang ada di Lantai 3. Legislator daerah pemilihan Sumatera Barat I ini pun melihat langsung antrean penumpang KRL yang ingin melanjutkan perjalanan dengan cara berganti kereta mau pun keluar dari stasiun.

 Saat memantau jalur KRL yang ada di lantai 1, Andre didampingi oleh Direktur Operasi PT KAI Awan Hermawan Purwadinata, dan Dirut Kereta Commuter Indonesia (KCI) Suryawan.

Setelah selesai sidak ke sejumlah titik, Andre menemukan sejumlah permasalahan. Antara lain, penumpukan penumpang KRL karena minimnya eskalator dan lift. Sehingga, penumpang harus berdesakan naik turun tangga.

 "Laporan yang saya dapatkan, eskalator dan lift yang ada sering tidak beroperasi," ujarnya.

Andre menilai bahwa Stasiun Manggarai semakin padat setelah berlaku kebijakan yang mengharuskan penumpang transit di situ. Menurut Andre, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkesan memaksakan Stasiun Manggarai jadi stasiun sentral. Padahal, secara kasat mata terlihat belum layak.

"Di Stasiun Manggarai tidak ada lahan parkir yang layak, akses jalannya kecil, dan lokasinya ada di daerah padat penduduk. Saran saya, sebelum Stasiun Manggarai dipastikan mampu menampung 100 ribu penumpang per hari, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) jangan memaksakan semua penumpang KRL harus transit di stasiun ini. Benahi dulu sarana dan prasarananya," jelas Andre.

Andre mengingatkan Kementerian Perhubungan agar tidak memaksakan hasil kajian tahun 1987 yang merekomendasikan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral termasuk untuk kereta jarak jauh diterapkan tahun 2023. Karena kondisinya yang tidak memungkinkan.

Terkait penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai, pihak Kementerian Perhubungan dan pemangku kepentingan menjanjikan akan melakukan antisipasi seperti menambah eskalator, jumlah kereta dan angkutan penghubung.

Sebelumnya, Andre juga pernah mengecek sarana dan prasarana KRL dari Stasiun Rawa Buntu ke Stasiun Palmerah,  Senin (10/4/2023). Andre naik KRL di jam berangkat kerja yang terkenal sebagai jam sibuk dan ramai penumpang.

"Pagi ini tanggal 10 April, jam 6 kurang 8 menit, kita akan berangkat ke Stasiun Rawa Buntu di Serpong untuk naik KRL menuju Stasiun Palmerah supaya dekat dengan kantor DPR untuk menjawab masukan netizen," kata Andre.

Usai pengalamannya naik KRL di jam sibuk, Andre mengatakan memberikan masukan soal kebutuhan tambahan kereta, khususnya di jam sibuk. Netizen juga mengomentari bahwa Andre seharusnya mencoba naik KRL jalur Stasiun Manggarai. (*)

(A Winoto)