Helo Indonesia

Penampakan Rancangan Indahnya JPO Siger Milenial Lungsir

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 17 Januari 2024 15:24
    Bagikan  
JPO
Helo Lampung

JPO - Desain JPO Lungsir (Foto Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Proyek pembangunan ikon wisata Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Siger Milenial Kota Bandarlampung sudah 60 persen. Sekkot Bandarlampung Iwan Gunawan memperkirakan selesai pada bulan Juni 2024.

Menurut Sekkot Iwan, pembangunan tahap akhir akan dimulai awal bulan Februari (2/2/2024) dan target selesai Juni 2024. "Pembangunannya belum selesai, maaf jika ada yang terganggu," ujarnya.

undefined

JPO tingginya 12 meter dari badan jalan dan panjang 120 meter. Sedangkan untuk lebarnya 3 meter. Sehingga diperkirakan jembatan ini bisa dilewati oleh 2-3 orang sekaligus.

Menurut dia, JPO yang menghubungkan Kantor Pemkot Bandarlampung dan Masjid Alfurqon tersebut mempermudah akses kedua lokasi sekaligus menambah keindahan Kota Bandarlampung dengan spot-spot untuk foto.

undefined

Dari rancangannya, JPO didesain artistik. Di tengah jembatan, ada semacam balkon kiri dan kanan yang salah satu balkon dapat melihat viuw Teluk Lampung dan balkon lainnya viuw Jl. Diponegoro dari arah Tugu Adipura.

Untuk sisi jembatan, akan diisi penuh oleh dinding pelindung agar aman ketika dilewati oleh anak-anak. Kemudian di seluruh dinding jembatan juga akan diberi ornamen atau ukiran berupa siger dan kapal khas Lampung berwarna emas.

Untuk bagian atap, jembatan ini nantinya akan memiliki atap tertutup agar pengunjung tidak terkena sengatan sinar matahari dan air hujan. Meski begitu, bentuknya akan terlihat modern karena didesain seindah mungkin dengan gaya minimalis

Pada malam hari, lampu hias menambah keindahannya sehingga menambah destinasi ikonik Kota Bandarlampung. Wali Kota Eva Dwiana merencanakannya sejak awal 2023. Kucuran dana tahap pertama Rp5 miliar tahun lalu.

Untuk mendukung UMKM lokal dan perekonomian masyarakat, rencananya juga akan dibuka lapak untuk UMKM bidang kuliner dan produk kreatif di sekitar halaman Masjid Alfurqon. Kemudian Masjid Al Furqon sendiri memiliki galeri di mana di dalamnya juga terdapat produk UMKM dan kafe. (Hajim)

 -