bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

H-4 Idul Fitri Arus Mudik Jalintimsum Lamtim Ramai Lancar

Helo Lampung - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 18 April 2023 12:50
    Bagikan  
H-4 Idul Fitri Arus Mudik Jalintimsum Lamtim Ramai Lancar

Pemudik Jalintimsum Lamtim ramai lancar. (Foto khairuddin/Heloindonesia.com)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM.--- Empat hari menjelang menyambut Idul Fitri 1444 H, arus mudik yang melintasi Jalur Lintas Timur Sumatera (Jalintimsum) Lampung Timur ramai lancar. Arus mudik menuju Sumatera itu akan mencapai puncak pada H-1.

Pemantauan Helo Indonesia Selasa (18-4) sejak turun dari kapal prnyeberangan Merak-Banten, pemudik dengan mobil pribadi, travel atau angkutan umum yang menuju Sumatera  yakni Palembang hingga Aceh melintasi dua jalur yakni lewat tol dan Jalintimsum.

Jalintimsum sebagai jalur alternatif masih jadi pilihan pemudik baik roda empat atau sepeda motor. 
"Selain hemat biaya tol, Jalintimsum cukup bagus dan aman mas. Dari dulu saya dan keluarga selalu lewat Jalintim,"ujar Suhadi pemudik yang bekerja di Bekasi.

Ditemui saat istirahat di salah satu SPBU Way Jepara Lamtim, Suhadi bersama keluarganya sepanjang tahun terutsma saat Lebaran pulang ke kampung halamannya di OKI Sumatera Selatan.
"Hampir tiap tahun saat lebaran saya dan keluarga pasti pulang kampung. Waktu corona aja yang nggak pulang," ujar pria itu.

Selain Suhadi, ribuan pemudik  asal Pulau Jawa menuju Sumatera  memadati Jalintimsum. Meskipun terjadi peningkatan hampir dua kali lipat, namun arus kendaraan masih lancar dan tak terjadi kemacetan. Sejumlah kendaraan mobil dan motor tampak beristirahat di sejumlah Pospam, Posyan atau SPBU.

Sementara itu, guna menjaga kelancaran Idul Fitri 2023, 762 personil gabungan TNI/ POLRI/Dishub dan Satgas lain di Lampung Timur dikerahkan. Selain menempati empat Pos Pengamanan ( Pospam) dan satu Pos Pelayanan ( Posyan), petugas juga terus patroli sepanjang jalur mulai dari Kecamatan Padir Sakti hingga Kecamatan Way Bungur.
"Semoga lebaran tahun ini tingkat kecelakaan baik saat mudik atau saat balik dapat ditekan seoptimal mungkin," ujar AKBP M.Rizal Muchtar, Kapolres Lampung Timur.

Pada lebaran tahun ini, pihak kepolisian menggelar Operasi Ketupat 2023 yang digelar  18 April hingga 1 mei mendatang. Selain melibatkan personil Polri, operasi itu juga melibatkan personil TNI, Dishub, Satpol PP, tim medis dan personil lain.
" Bagi pemudik yang lelah berkendara sebaiknya istirahat sejenak di pos yang kami siapkan. Jang an memaksakan diri. Sehingga hal yang tak kita inginkan tidak terjadi," pungkas Kapolres.
(Khairuddin)