bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Peminat Kuliah Gratis Unpand Semarang Berdatangan, Ada Calon Mahasiswa dari Surabaya

Helo Jateng - Nasional -> Peristiwa
Senin, 17 April 2023 13:45
    Bagikan  
Peminat Kuliah Gratis Unpand Semarang Berdatangan, Ada Calon Mahasiswa dari Surabaya

Para calon mahasiswa mengisi akun beasiswa KIPK, setelah agenda sosialisasi di Unpand. Foto: Ist

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Peminat kuliah gratis di Universitas Pandanaran (Unpand) Semarang, berdatangan. Sejak kabar kampus ini memfasilitasi calon mahasiswa baru dengan program kuliah gratis yang didukung Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K), setidaknya sampai Sabtu (15/4/2023) telah menjaring sekitar 200-an calon mahasiswa baru.

Calon mahasiswa baru yang ikut mendaftar untuk kuliah gratis di Unpand tersebut juga datang dari luar kota Semarang, bahkan ada seorang calon mahasiswa yang berasal dari Surabaya.

Salah satunya, Etak, calon mahasiswa asal Surabaya. Ia menyempatkan datang ke kampus Unpand di Jalan Banjarsari Barat No 1, Pedalangan, Semarang, untuk mengikuti sosialisasi sekaligus mendaftar sebagai calon mahasiswa baru lewat program KIP-K.

??Saya dapat informasi kuliah jalur beasiswa KIP-K ini dari Budhe saya, semoga saja harapan saya untuk kuliah bisa tercapai,?? kata perempuan yang bakal lulus SMA tahun 2023 ini.

Dia datang bersama, Sasti, Budhe - nya. Sasti menuturkan bahwa latar belakang ekonomi keluarga Etak.

??Ayahnya marbot masjid, sehingga tidak cukup dana untuk bisa mengkuliahkan anaknya. Sehingga begitu mendapat informasi ini, saya minta keponakan saya ikut. Mudah-mudahan dengan beasiswa kuliah ini bisa meningkatkan derajat orang tuanya,?? kata dia menuturkan keponakannya tersebut mengambil program studi S-1 Kewirausahaan.

Sasti menambahkan program KIP-K di Unpand ini betul-betul sangat membantu khususnya untuk keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi dan membantu anak-anak lulusan SMA maupun SMK yang tadinya tidak punya harapan bisa kuliah dapat terfasilitasi.  

Hal serupa dikemukakan Ayong, yang tahun ini bakal lulus dari SMK 4 Brangsong, Kendal. Siswa jurusan mesin ini tak membayangkan bisa meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dikarenakan orang tuanya tidak mampu membiayai untuk kuliah.

Dia mengaku sangat bersyukur dapat informasi beasiswa KIP-K di Unpand dari tetangganya. Tak membuang waktu, Ayong langsung memanfaatkan kesempatan mendaftar.
??Sebelumnya tak ada bayangan untuk kuliah selulus SMK. Alhamdulillah, saya senang ada program kuliah gratis ini,?? ucap calon mahasiswa asal Kaliwungu, Kendal itu.


Dia pun langsung mengambil program studi D-3 Teknik Mesin yang sesuai dengan jurusannya di SMK.

Fasilitasi KIP-K

Rektor Unpand Semarang, Agustien Zulaidah ST MT pun secara gamblang menjelaskan seluruh program KIP-K menandaskan bahwa program kuliah jalur beasiswa KIP-K di Unpand ini memberi kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/sederajat yang lulus tahun 2021/2022/2023 yang tidak mampu secara ekonomi bisa kuliah.  

??Untuk program S-1 beasiswa akan diberikan selama 8 semester, sementara untuk D-3 6 semester,?? katanya sambil menambahkan Unpand memfasailitasi pembuatan akun KIP-K bagi calon mahasiswa baru yang belum memiliki akun KIP-K.

Rektor membuka  ruang lebih luas, agar sosialisasi program ini bisa sampai lapisan masyarakat terbawah.
Seperti diberitakan, Unpand membuka kesempatan bagi lulusan SMA sederajat tahun 2021/2022/2023 untuk menempuh pendidikan jenjang S-1 dan D-3 di perguruan tinggi yang dikelola Yayasan Abdi Masyarakat itu.

Ketua Yayasan, Harini Krisniati. Ia mengatakan kebijakan yang diberikan di Universitas Pandanaran tersebut untuk memfasilitasi sebanyak-banyaknya calon mahasiswa baru jalur bea siswa KIP-K ini untuk membantu lulusan SMA sederajat yang tidak berkesempatan kuliah karena keterbatasan biaya.

??Biaya kuliah bukan masalah, bahkan selain subsidi SPP mahasiswa akan mendapat uang saku per bulan Rp 950 ribu yg akan ditransfer langsung 1 semester atau 6 bulan yaitu sebesar 5,7 jt yang masuk ke rekening mahasiswa,?? kata Harini.

Dengan beasiswa KIP-K, jelas dia, mahasiswa bebas biaya SPI, SPP, SKS dan mendapatkan uang saku sampai lulus.

??Pendaftaran bisa lewat online atau offline langsung datang ke kampus,?? ungkap dia.


Saat ini Unpand membuka 2 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi yang memiliki program studi S-1 Manajemen, S-1 Akuntansi, S-1 Kewirausahaan, dan D-3 Administrasi Bisnis, serta Fakultas Teknik yang memiliki program studi S-1 Arsitektur, S-1 Teknik Sipil, D-3 Teknik Mesin, dan D-3 Teknik Kimia. (Aji)