Helo Indonesia

Kacau! Dinsos Tangsel Beri Bantuan Warga Korban Banjir Barang Kadaluarsa

M. Haikal - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 7 Januari 2024 19:23
    Bagikan  
Banjir,
Foto: tangkapan layar

Banjir, - Ketua RT Perumahan Rosewood Garden, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten memperlihatkan barang bantuan kadaluarsa dari Dinsos untuk korban banjir pada Jumat (5/1/2024)

HELOINDONESIA.COM - Puluhan warga Perumahan Rosewood Garden, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten korban banjir pada Jumat (5/1/2024) tertipu dengan bantuan dari Dinas Sosial Pemkot Tangsel.

Pasalnya, bantuan yang disebut warga berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang sudah melewati masa expired alias kadaluarsa.

Pengakuan bantuan kadaluarsa itu datang dari Ketua RT perumahan tersebut bernama Hendri seperti video yang diunggah akun Instagram Viral Ciledug pada Minggu (7/1/2024).

Dari video tersebut, terlihat ketua RT Hendri didampingi pria berseragam coklat tua membuka tiga tas oranye yang berisi sejumlah barang bantuan yang diduga dari Dinas Sosial.

Baca juga: Cara Cek Pajak Mobil yang Mudah dan Praktis

Dalam narasi yang dibuat akun Viral Ciledug, bantuan itu disalurkan pada Jumat malam (5/1/2024) ketika perumahan tersebut mengalami genangan banjir.

Paket bantuan tersebut berisi berbagai produk, mulai dari bedak, minyak telon, shampoo, pampers, pakaian dalam, hingga pelembab bayi.

Setelah diperiksa, warga menemukan bahwa sebagian besar produk dalam paket tersebut sudah melewati masa berlaku yang disarankan.

Temuan itu memicu kekhawatiran warga, terutama terkait penggunaan bantuan yang sudah kadaluarsa, khususnya bagi balita.

Baca juga: Cara Jumper Aki Mobil yang Soak dengan Aman

"Mereka mengkhawatirkan kemungkinan adanya efek samping dari penggunaan produk-produk tersebut," demikian caption yang dibuat Viral Ciledug.

Ketua RT Hendri menyampaikan bahwa warga pertama kali mengetahui barang kadaluwarsa saat memeriksa isi paket bantuan dan segera melaporkannya kepada pengurus lingkungan.

"Jadi datang dari dinas sosial kepada warga terdampak banjir terutama anak-anak sejumlah bantuan," kata Hendri.

Setelah itu ada beberapa warga kembali mendatanginya dan mengatakan kalau bantuan Kemensos itu sudah kadaluarsa.

Baca juga: Mengatasi Masalah Pengapian Ada tapi Motor Susah Hidup

"Warga memberitahukan kepada saya bahwa apa yang diberikan Kemensos kadaluarsa," ujarnya.

Hingga berita ini dibuat, redaksi belum mendapatkan kontak pihak Dinsos Tangerang Selatan.