Helo Indonesia

Berkat SPAM Pemprov Jateng, 60 KK Desa Sambi Dhuwur Kini Bisa Nikmati Air Bersih

Sabtu, 6 Januari 2024 06:50
    Bagikan  
Berkat SPAM Pemprov Jateng, 60 KK  Desa Sambi Dhuwur Kini Bisa Nikmati Air Bersih

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana saat meninjau hasil pembangunan SPAM di Sragen. Foto: jatengprov.go.id

SRAGEN, HELOINDONESIA.COM - Program penyediaan air bersih yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menuai hasil.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meninjau hasil pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Sambi Dhuwur, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Kamis 4 Januari 2024.

Menurut Nana, dari SPAM itu, sebanyak 60 kepala keluarga (KK) di desa tersebut bisa menikmati air bersih. Sebab, sebelum adanya SPAM, warga sekitar mendapat air bersih dengan mengambil dari sendang yang jaraknya sekitar dua kilometer.

Baca juga: Antisipasi Tanah Longsor, Pemkot Semarang Siapkan Skema Penanganan

Dikatakan, pembangunan SPAM di Desa Sambi Dhuwur didanai dari APBD Provinsi Jateng sebesar Rp412 juta. Pembangunan itu menjadi salah satu upaya mengintervensi percepatan pengentasan kemiskinan, khususnya kemiskinan ekstrem, melalui penyediaan air bersih.

“SPAM ini kita carikan tempat-tempat yang memang ada sumber airnya. Saat ini bisa digunakan oleh 60 KK, dan rencananya ke depan akan ditambah lagi jadi sampai 200 KK,” jelas Nana.

Dalam tinjauannya, Nana juga memastikan air SPAM sudah melalui uji laboratorium dan layak dikonsumsi. Dia juga melakukan pengecekan langsung ke rumah warga, untuk memastikan air yang mengalir benar-benar bersih.

Baca juga: Mbak Ita Minta Semua Dinas di Pemkot Semarang Lakukan Transaksi BBM Non-Tunai

“Tadi sudah kami lakukan pengetesan. Kualitas airnya sangat baik. Artinya, di samping untuk mandi, air itu bisa juga untuk dimasak. Layak untuk dimasak dan diminum. Ke depan, akan terus kita tingkatkan,” ucapnya.

Selama 2023, terang Nana, Pemprov Jateng membangun sebanyak 34 SPAM. Pada 2024 nanti, rencananya akan dibangun sebanyak 40 SPAM di berbagai wilayah di Jawa Tengah. (Aji)