bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2023 di Kemenhub Beroperasi 19 Hari

Helo Jabar - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 15 April 2023 23:59
    Bagikan  
Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2023 di Kemenhub Beroperasi 19 Hari

Jalan Tol Jakarta Cikampek, salah satu jalur yang padat saal arus mudik Lebaran. (Foto: ist)

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ? Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi  meresmikan Pos Koordinasi (Posko) Terpadu Angkutan Lebaran 2023, pada Jumat (14/04/2023).

Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2023 akan beroperasi selama 19 hari, yakni mulai dari H-8 (14 April 2023) hingga H+9 (2 Mei 2023). Posko ini bertempat di Kantor Kemenhub, Jakarta.

Posko ini memiliki fasilitas command center yang dapat melakukan koordinasi secara daring dengan sejumlah petugas di lapangan dari berbagai daerah.

Juga, memantau pergerakan arus penumpang di simpul-simpul transportasi yaitu di 48 terminal, 16 pelabuhan penyeberangan, 50 bandara, 51 pelabuhan, 9 daerah operasi (daops) kereta api, dan 4 divisi regional (divre) kereta api, dan juga pergerakan kendaraan di sejumlah jalan nasional (tol maupun nontol).

Sejumlah instansi yang bergabung dalam posko, antara lain, Kemenhub, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan SAR Nasional, PT. Pelni, PT. Angkasa Pura, PT. ASDP Indonesia Ferry, PT. Jasa Marga (Persero), PT. Jasa Raharja, PT. Kereta Api Indonesia (KAI), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), hingga Organisasi Radio Amatir Indonesia.

Sebagai informasi, Podkabs adalah podcast atau siniar resmi Setkab yang berisi banyak obrolan dan diskusi tentang berbagai topik, mulai dari kebijakan pemerintah atau pun isu hangat yang berkembang di masyarakat saat ini. 

Diskusi dengan berbagai narasumber tersebut dikemas dengan penyampaian yang ringan dan juga santai. Subscribe kanal YouTube dan Spotify Setkab untuk mengetahui setiap episode terbaru Podkabs. (*)

(A Winoto)