Helo Indonesia

Perusahaan Stockpile Batu Bara Tak Takut Ancaman Wali Kota dan Camat

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 2 Januari 2024 11:27
    Bagikan  
Perusahaan Stockpile Batu Bara Tak Takut Ancaman Wali Kota dan Camat

Stockpile batu bara PT SME makin bertambah banyak pada Senin (1/1/2024) (Foto Syamsul Arifin/Helo)

LAMPUNG,HELO INDONESIA.COM -- Perusahaan stockpile batu bara sepertinya tak takut dengan ancaman Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana apa lagi Camat Bumiwaras Budi Ardianto. Hingga hari ini, Selasa (2/1/2024), stockpile batu bara PT SME tak berkurang setruk pun.

Padahal, hasil sidak Wali Kota Eva Dwiana ke stockpile dan janji Camat Budi Ardianto kepada aktivis lingkungan dan warga urusan stockpile sudah kelar. Perusahaan diberi waktu tiga hari memindahkan batu bara terhitung Jumat (22/12/2023).

Baca juga: Wali Kota Eva Ancam Tutup 3 Stockpile Batu Bara di Waylunik Pantang

undefined

Bahkan, Kepala DLH Budiman P Mega mengatakan pihaknya melakukan pemantauan terhadap aktivitas perusahaan stockpile yang tidak mengindahkan kesehatan warga sekitar. "Apalagi Bunda Eva Dwiana sudah mendatangi lokasi," ujarnya.

Setelah seminggu lebih, alih-alih memindahkan stockpile batu baranya, perusahaan malah mengambil hati warga dengan membantu pengobatan warga. Padahal, soal pengobatan dan sembako sudah dieksekusi Eva dan Budi pascaaksi warga menolak keberadaan stockpile.

Warga beberapa kali aksi mengeluhkan debu kiriman dari stockpile seberang Way Lunik ke permukiman warga Gang Haji Ilyas Kramat Koala, Jl. Yos Sudarso, RT 15 dan 16, Lingkungan 1, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Bumiwaras.

Pada saat warga aksi, Budi dengan gagahnya menemui para pendemo dan mengatakan urusan sudah selesai karena Wali Kota Eva telah memberi waktu perusahaan waktu tiga hari untuk memindahkan batu baranya. Jika, tidak diindahkan, Pemkot Bandarlampung akan menurunkan tim bukan lagi menyegel tapi ditutup permanen.

Baca juga: Warga Aksi Tolak Stockpile, Camat Bumiwaras Debat Kusir dengan Aktivis

undefined
Sampai tak sempat ganti baju, malamnya, Budi menyerahkan 200 karung beras ukuran 5 kg untuk warga terdampak debu batu bara PT SME Batu Bara pada Jumat malam (22/12/2023). Dia didampingi Ketua Forum Camat Socrat Pringgodanu di Gang Haji Ilyas Kramat Koala, Jl. Yos Sudarso.

Untuk kesehatan warga yang mengeluhkan terkena  ISPA, mereka akan dilayani gratis puskesmas setempat. "Bunda juga langsung menyiapkan alat berat untuk mengaspal jalan RT 15 dan 16, Lingkungan 1," kata Budi. (HBM)