Helo Indonesia

Nana Minta Satpol PP Intensifkan Koordinasi Jelang Tahun Baru dan Pemilu

Sabtu, 30 Desember 2023 08:11
    Bagikan  
Nana Minta Satpol PP Intensifkan Koordinasi Jelang Tahun Baru dan Pemilu

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana dan Sumarno. Foto: jatengprov.go.id

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Menjelang Tahun Baru 2024 dan Pemilu, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta seluruh jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengintensifkan koordinasi dengan TNI dan Polri.

Sehingga, kata Nana, kondusivitas di Jawa Tengah terus terjaga.

“Kita akan menghadapi tahun baru 2024. Sementara Pemilu 2024 juga semakin dekat. Maka, terus lakukan kegiatan patroli, koordinasi dengan TNI-Polri. Saya harapkan kebersamaan dan sinergitas TNI, Polri dengan Satpol PP terjalin baik,” kata Nana, di Grhadhika Bhakti Praja Semarang, Jumat 29 Desember 2023.

Baca juga: Tim Gabungan Panwascam di Kota Semarang Tertibkan Ribuan APK Langgar Aturan

Ditambahkan dia, dalam pengamanan Pemilu 2024, Satpol PP juga ikut menyiapkan personel linmas yang nanti bertugas di TPS. Di Jawa Tengah, ada sebanyak 117.299 TPS, masing-masing TPS akan ada dua orang personel linmas yang bertugas. Sehingga dibutuhkan 234.598 orang anggota linmas.

“Linmas ini kan di bawah pemerintah provinsi dan kabupaten/ kota. Butuh sekitar 234 ribu (orang) linmas. Selama ini Kasatpol PP sudah melakukan supervisi dan pelatihan, ini perlu kerja sama dengan Satpol PP kabupaten/ kota,” terang Nana, seperti dkutip dari jatengprov.go.id.

Nana menyatakan, penyiapan personel Linmas itu penting, mulai dari kondisi kesehatan hingga kemampuan untuk melakukan tugas. Sebab, mereka juga akan bertugas ketika Pilkada pada November 2024 mendatang.

Tingkatkan Kinerja

Sementara itu, Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah Budi Santoso menambahkan, Satpol PP terus berupaya meningkatkan kinerjanya sesuai dengan tugasnya.

Berkaitan dengan pengamanan pemilu, kerja sama dengan TNI-Polri di setiap kabupaten/kota juga terus dilakukan. Begitu juga dengan penyiapan linmas yang akan bertugas di TPS.

Baca juga: Mbak Ita Minta Maaf Terlalu Ceriwis, Syukuri Capaian Kemajuan Kota Semarang

“Makanya mereka (linmas) dibekali teknis pada saat mekanisme urutan pencoblosan,” kata Budi.

Selain itu, ditambahkan Budi, personel Linmas juga dibekali pengamanan saat penghitungan suara, pengiriman surat suara, dan sebagainya.

“Kesiapan ini saya kira di bawah binaan Kapolda dan Pangdam, mereka sudah siap semua. Gladi-gladi sudah dilakukan,” jelasnya.

Dia  berharap, kapasitas linmas menjadi garda terdepan di tingkat desa/kelurahan dalam hal menjaga dan menyelenggarakan ketertiban umum di lingkungan masyarakat. Termasuk saat Pilkades, Pemilu, dan Pilkada Serentak nanti.

Baca juga: Wali Kota Semarang Berharap Inventarisasi Aset Pemkot Bisa Lebih Maksimal

Sementara, pada hari yang sama, Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meyatakan, pelaksanaan kampanye pemilu 2024 selama sebulan di provinsi ini berjalan kondusif.

“Di sini suasana masih sejuk, damai, dan kondusif,” ungkap Nana.

Diakui, kondusivitas di Jawa Tengah ini terus terjaga berkat sinergitas dan kolaborasi yang dijalin antara penyelenggara pemilu, pemerintah daerah, TNI-Polri, serta instansi lain. Sinergi dan kerja sama itu, juga dilakukan dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat, untuk bersama-sama menciptakan suasana yang sejuk dan damai.

“Memang kami solid dan sinergis. Artinya kami sama-sama menjaga pemilu ini tetap damai. Tidak ada satu permasalahan yang serius,” terangnya. (Aji)