Helo Indonesia

Sekdaprov Fahrizal Darminto Dampingi Kabasarnas Tinjau Posko Siaga Nataru

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 23 Desember 2023 08:18
    Bagikan  
Sekdaprov Fahrizal Darminto Dampingi Kabasarnas Tinjau Posko Siaga Nataru

Foto Diskominfotik

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mendampingi Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo dalam rangka Peninjauan Posko Siaga Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2024), di Kantor Basarnas Natar Lampung Selatan, Jumat (22/12/2023).

Peninjauan Posko Siaga Nataru 2024 di Lampung Selatan bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh personel, kesiapan posko siaga, kelengkapan alat dan instansi yang terlibat dalam pengamanan arus mudik dan arus balik sepanjang cuti hari raya besar nasional Nataru 2024.

Provinsi Lampung merupakan jalur utama gerbang masuk dan keluar pulau Sumatera sekaligus wilayah Sumatera, sehingga membutuhkan monitoring dan evaluasi yang intensif dalam pengamanan jalur arus mudik dan arus balik sepanjang libur Nataru 2024.

Baca juga: Lakukan Pembinaan, Gubernur Ajak KTH Jaga Kawasan Hutan


Sekdaprov Fahrizal Darminto dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral bidang Operasional Tahun 2023 dalam rangka Persiapan Pengamanan Natal Tahun 2023 dan Tahun baru 2024 di Hotel Horison beberapa waktu yang lalu (15/12/2023) telah menyampaikan beberapa hal yang harus dipersiapkan baik dari segi kesehatan, antisipasi kemacetan, kelangkaan BBM dan sembako, hingga kelancaran infrastruktur jalan dan pencegahan bencana.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo menyampaikan bahwa kunjungannya ke Posko Siaga Nataru 2024 di Posko Siaga Natar Lampung Selatan adalah dalam rangka mengawasi, memantau dan monitoring secara riil terkait aktivitas Kesiapsiagaan Penanganan Bencana yang diakibatkan Pancaroba dan Kesiapan Pengamanan Nataru 2024.

"Kami dari Pemerintah Pusat untuk kegiatan hari ini untuk mengawasi dan memantau secara riil kondisi di lapangan. Saya lihat arus kepadatan kendaraan terbilang landai hari ini," ucap Kusworo.

Baca juga: Warga Pekon Banjar Agung Udik Curhat ke Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, SIK


Berkaitan dengan aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau dan posisi strategis Provinsi Lampung sebagai gerbang pulau Sumatera, Marsekal Madya TNI Kusworo menyampaikan bahwa kondisi Lampung sejauh ini aman dan pihaknya terus bekerjasama dengan BMKG untuk monitoring kondisi cuaca dan aktivitas Gunung anak Krakatau terkini.

"Kalau Lampung ini secara spesifik aman, terutama di tempat-tempat wisata dan mengenai aktivitas anak krakatau kita akan berkoordinasi dengan BMKG untuk memberikan peringatan dini dan kita bisa pantau dari pusat untuk segera melakukan aksi," ungkapnya.

Selanjutnya Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo menjelaskan kesiapannya untuk mendukung kelancaran arus balik dan arus mudik Nataru 2024.

"Kemarin kita sudah melaksanakan gelar pasukan di Mapolda Lampung dan kita telah menyiapkan posko-posko statis, mobile dan yang bersifat monitoring dan Gayam akan menjadi zona Buffering,' ucap Bambang Sumbogo.

Baca juga: Dipertanyakan Kelanjutan Laporan Dugaan Penggelapan Kambing Bantuan di Mesuji


Lebih lanjut, Bambang Sumbogo menerangkan bahwa dalam pengecekan seluruh personel dan posko-posko serta layanan moda transportasi darat, laut dan udara sampai saat ini terpantau normal.

Dinas Perhubungan Provinsi Lampung juga telah mengantisipasi jika terjadi lonjakan penumpang dengan menambah jumlah kapasitas pada seluruh moda transportasi, baik moda transportasi darat seperti bus dan kereta api dengan menambah jumlah gerbong kereta api, moda transportasi laut dengan menambah jumlah kapal laut yang beroperasi termasuk memberdayakan pelabuhan penyeberangan Panjang. Untuk moda transportasi udara, Dinas Perhubungan telah berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan dan PT. Angkasa Pura.

(Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)