Helo Indonesia

Peneliti 9 Negara Ikuti 1st ICTECA 2023 USM; Inilah Daftar Peserta 9 Negara

Rabu, 20 Desember 2023 08:55
    Bagikan  
Peneliti 9 Negara Ikuti 1st ICTECA 2023 USM; Inilah Daftar Peserta 9 Negara

Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari ST MT (berpeci). Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -''Teknologi, engineering, computer application, saat ini telah merambah ke seluruh aspek kehidupan. Untuk itulah, USM akan menggelar Ist International Conference on Technology, Engineering, and Computing Applications (ICTECA), hari ini Rabu (20/12/2023). Event tersebut sesuai visi USM yaitu menjadi universitas yang menghasilkan sumber daya insani yang profesional, beradab serta berkeindonesiaan, dan Ipteks yang berdaya guna dan berhasil guna.

Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari ST MT saat ditemui di ruang kerjanya, optimistis ICTECA yang pertama ini diselenggarakan akan berjalan sukses. Bahkan, USM akan menjadikan kegiatan ini terselenggara secara rutin setiap tahun.

1st International Conference on Technology, Engineering, and Computing Applications (ICTECA) 2023 mengambil tema “Trends in Technology Development In the Era Of Society 5.0” pada 20 Desember 2023.

Kegiatan tersebut akan mempresentasikan 67 karya tulis ilmiah yang dibuat para peneliti dari  sembilan negara yaitu  Indonesia, Jepang, Maroko, China, Pakistan, Uni Emirat Arab, (UEA), Filipina, Malaysia dan Irak.

Diskusi

Menurut Rektor, kegiatan ini akan membuka peluang diskusi terkait penelitian internasional antara dosen USM dan peneliti dari luar negeri.

''Kegiatan ini adalah wadah pertemuan, kolaborasi, diskusi dari dosen dan pakar-pakar yang ada di Indonesia dan seluruh dunia untuk membahas bidang masing-masing khususnya di bidang teknologi, engineering dan computer applications,'' katanya.

Dengan kegiatan ini, lanjut rektor, akan menjadi stimulus kultur budaya akademik USM untuk mulai akrab dengan teknologi, engineering dan computer application. ''Ketiga hal itu akan menjadi solusi dalam berkehidupan nyata. Dari hal itu pula akan hadir talenta untuk memunculkan peluang dan opsi solusi untuk bangsa ini,'' ungkapnya.

Dia berharap, kegiatan ini juga akan mengakibatkan internasionalisasi sehingga membawa USM menjadi unggul serta mendapat rekognisi pengakuan dari masyarakat dan pemerintah.

''Dengan USM unggul pasti nantinya akan terbuka peluang kolaborasi antara dosen dan mahasiswa USM bersama peneliti luar negeri yang menghasilkan riset dengan dana yang bersumber dari internasional,'' pungkasnya. (ADE)