Helo Indonesia

Pimpin Upacara Bela Negara ke-75, Sekda Kendal Tekankan Tiga Hal yang akan Dihadapi Bersamaan

Selasa, 19 Desember 2023 17:08
    Bagikan  
Pimpin Upacara Bela Negara ke-75, Sekda Kendal Tekankan Tiga Hal yang akan Dihadapi Bersamaan

Sekda Kendal Sugiono. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 yang digelar di Alun-alun Kabupaten Kendal, Selasa, 19 Desember 2023, Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Sugiono tekankan tiga hal penting yang harus diwaspadai dan perlu mendapatkan perhatian khusus.

"Sebentar lagi kita akan menghadapi tiga hal yang hampir bersamaan yakni, perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), puncak musim hujan di bulan Februari 2024 dan pelaksanaan Pemilu Presiden dan Legislatif," terang Sekda Sugiono.

Baca juga: Hari Bela Negara ke-75 Sekdaprov Fahrizal Sampaikan Amanat Presiden RI

Menurutnya, seluruh stakeholder terkait tetap waspada terhadap adanya kenaikan harga bahan pokok penting (bapokting) yang dimungkinkan terjadi jelang perayaan Nataru.

"Untuk persiapan Nataru, kita akan tetap waspada tentang kenaikan harga bahan pokok, dan kemungkinan-kemungkinan kejahatan yang terjadi, dan kemungkinan kemacetan lalu lintas," ungkapnya.

Dua Hal Penting

Selain itu, ia menyebut pada bulan Februari 2024 mendatang juga ada dua hal penting yang akan dihadapi. Yakni pelaksanaan pemilu serentak, dimana BMKG telah memprediksi adanya intensitas hujan tertinggi akan terjadi pada bulan Februari 2024,

Baca juga: KPU Tetapkan Lokasi dan Jadwal Debat Cawapres

"Jadi pelaksana pemilu untuk bisa memitigasikan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi karena pada bulan Februari itu perkiraan dari BMKG akan terjadi hujan yang paling besar. Sehingga ada titik-titik TPS yang dimungkinkan terkena dampak banjir bisa diperhitungkan kembali untuk dipindahkan," harap Sekda Sugiono.

Sementara terkait bela negara, Sekda menegaskan bela negara merupakan tanggung jawab bersama. Dan bukan hanya tanggung jawab aparat TNI.

"Sebagai contoh kecil kita ikut Siskamling saja itu namanya bela negara. Maka yang perlu kita tekankan seluruh masyarakat Kendal untuk bisa memahami bahwa bela negara adalah tanggung jawab kita bersama," imbuhnya. (Anik)